logo


Sesalkan Aparat Bubarkan Kerumunan dengan Kekerasan, PAN: Harus Tegas Tapi Tetap Humanis

Saleh menilai sosialisasi PPKM darurat yang dilakukan pemerintah masih minim

18 Juli 2021 08:00 WIB

Anggota Komisi IX DPR RI, Saleh Partaonan Daulay.
Anggota Komisi IX DPR RI, Saleh Partaonan Daulay.

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua DPP Partai PAN, Saleh Pertaonan Daulay mengatakan bahwa PPKM Darurat di Jawa dan Bali belum berjalan efektif. Menurutnya, hal tersebut dikarenakan minimnya sosialisasi kepada masyarakat.

"Berdasarkan evaluasi yang dilihat memang belum efektif karena beberapa faktor. Bukan saja kesiapan aparatur tapi juga penunjang juga," kata Saleh dalam sebuah diskusi, Sabtu (17/7/2021).

Saleh menilai sosialisasi PPKM darurat yang dilakukan pemerintah masih minim. Kata dia, hal tersebut bisa dilihat dari warga yang masih bepergian ke luar rumah dan tetap membuka rumah makan selama PPKM Darurat


Minta Pemerintah Evaluasi PPKM Darurat, Politikus PAN: Belum Efektif

Politikus PAN itu juga menyoroti sejumlah kasus yang dilakukan aparat dalam menindak pelanggar PPKM Darurat. Kata dia, kurangnya sosialisasi juga menjadi salah satu alasan aparat melakukan tindakan kekerasan dan paksaan dalam membubarkan kerumunan.

"Kita memang minta aparatnya tegas, tapi tetap harus humanis. Saya kira ini yang kombinasinya belum dilaksanakan secara baik. Sehingga kita lihat ada pembubaran justru barang dagangannya dirusak, tentu itu tidak manusiawi," ucapnya.

Evaluasi PPKM Darurat, Luhut: Penambahan Fasilitas RS Hanya Solusi Sementara

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati