logo


Pakistan Bantah Sediakan Dukungan Udara bagi Kelompok Taliban

Wakil Presiden Afghanistan menuding pasukan Angkatan Udara Pakistan telah menyediakan dukungan udara bagi kelompok militan Taliban yang mengambil alih wilayah perbatasan kedua negara.

16 Juli 2021 20:15 WIB

Perbatasan Pakistan-Afghanistan
Perbatasan Pakistan-Afghanistan Al Jazeera

ISLAMABAD, JITUNEWS.COM - Wakil Presiden Afghanistan Amrullah Saleh, pada Kamis (15/7) menuduh pasukan militer Pakistan telah menyediakan dukungan bagi kelompok Taliban usai militan tersebut mengambil alih sejumlah titik jalur penyeberangan di perbatasan kedua negara pada pekan ini. Tuduhan tersebut dibantah oleh Kementerian Luar Negeri Pakistan.

Saleh sebelumnya menuduh jika pasukan angkatan udara Pakistan telah "mengeluarkan peringatan kepada militer Afghanistan bahwa setiap langkah untuk mengusir Taliban dari daerah penyeberangan Spin Boldak akan dihadapi dan digagalkan oleh Angkatan Udara Pakistan”.

Saleh juga menuding Pakistan telah menyediakan dukungan pasukan udara bagi Taliban untuk mengambil alih sejumlah wilayah.


Pemerintah Irak Bilang Pasukan AS Bakal Segera Keluar dari Wilayahnya, Washington: Itu Tidak Benar

Sementara itu, dalam sebuah pernyataan tertulis yang dirilis pada Jumat (16/7), Kementerian Luar Negeri Pakistan mengatakan bahwa angkatan udara mereka hanya mengamankan wilayah udara Pakistan.

“Pihak Afghanistan menyampaikan kepada Pakistan niatnya untuk melakukan operasi udara di dalam wilayahnya di seberang Sektor Chaman Pakistan,” kata pernyataan itu.

“Pakistan menanggapi secara positif hak Pemerintah Afghanistan untuk bertindak di wilayahnya. Terlepas dari operasi perbatasan yang sangat dekat yang biasanya tidak disetujui oleh norma/standar/prosedur yang diterima secara internasional, Pakistan mengambil tindakan yang diperlukan di dalam wilayahnya untuk melindungi pasukan dan penduduk kami sendiri,” tambahnya.

Bangladesh Segera Mulai Program Vaksinasi Covid-19 untuk Pengungsi Rohingya

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia