logo


dr Tirta Tegaskan Vaksin Covid Bukanlah Obat

Vaksin bertujuan untuk merespons kekebalan tubuh sehingga ketika Covid-19 masuk, gejalanya jadi ringan.

15 Juli 2021 05:02 WIB

dr. Tirta
dr. Tirta Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Dokter sekaligus influencer, Tirta Hudhi menyatakan bahwa vaksin Covid-19 bukanlah obat. Dia menjelaskan, vaksin hanya merespons kekebalan tubuh supaya saat terinfeksi virus, gejalanya menjadi ringan.

“Vaksin itu bukan obat Covid-19. Vaksin adalah sebuah zat yang dimasukkan ke dalam tubuh untuk merespons kekebalan sehingga nanti Covid-19 masuk ke tubuh kita gejalanya jadi ringan dan melindungi kita dari kematian kalau kena Covid,” jelas dr Tirta lewat akun Twiter-nya, dilansir Kamis  (15/7).

Selama ini, kata Tirta, obat Covid belum ditemukan secara spesifik. Artinya, obat yang dikonsumsi pasien Covid adalah pengurang gejala dan mencegah virus berkembang biak.


Tanggapi Ucapan Menkes Soal Vaksin Berbayar, Fadli: Namanya Bisnis Covid

“Obat Covid belum ditemukan secara spesifik. Semua obat yang diberikan saat ini adalah pengurangan gejala atau menahan aktivitas virus,” jelasnya.

Tirta menerangkan, bagi pasien yang tidak bergejala, obatnya hanya melahap makanan bergizi dan suplemen. Untuk gejala ringan, sebaiknya diberi obat pereda demam, suplemen dan juga makan makanan bergizi.

“Antibiotik dosis tinggi baru diberikan pada yang bergejala berat. Itu pun harus dengan resep dokter,” tandasnya.

UAS Dikabarkan Kena Covid-19, Begini Kondisinya

Halaman: 
Penulis : Iskandar