logo


Soal Korupsi Lahan Munjul, Wagub DKI Yakin Anies Tak Terlibat

Riza mengaku tak begitu tahu soal pengadaan lahan di Munjul.

15 Juli 2021 04:07 WIB

Anies Baswedan
Anies Baswedan Instagram

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meyakini Anies Baswedan tak terlibat dalam kasus dugaan korupsi lahan di Munjul, Cipayung, Jakarta Timur. Namun, ia menyerahkan segenap proses hukum kepada KPK.

"Semua menjadi kewenangan penegak hukum. Tapi saya yakin ya, Pak Anies jauh dari terlibat urusan (korupsi) tanah di Jakarta," ujar Riza di Balai Kota Jakarta, Rabu (14/7).

Riza mengaku tak begitu tahu soal pengadaan lahan di Munjul. Sebab, ia baru menjabat Wagub pada 2020, sedangkan pengadaan lahan Munjul tergolong tahun anggaran 2019.


Soal Perpanjangan Masa PPKM Darurat, Wagub DKI Akui Siap Ikuti

"Sejauh yang saya tahu beliau tidak terlibat, dan saya tidak tahu masalah itu (pengadaan lahan Munjul), dan saya yakin Pak Anies tidak terlibat oleh kasus-kasus seperti itu," jelasnya.

Sebelumnya, Ketua KPK Firli Bahuri menyatakan pihaknya kemungkinan bakal memanggil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan soal kasus dugaan korupsi pengadaan lahan di Munjul. Selaku orang nomor satu di Ibu Kota, Anies dinilai paham tentang penyusunan APBD DKI.

"Dalam penyusunan program anggaran APBD DKI, tentu Gubernur DKI sangat memahami, begitu juga dengan DPRD DKI yang memiliki tugas kewenangan menetapkan RAPBD menjadi APBD bersama Pemda DKI," ungkap Firli dalam keterangan tertulisnya, Senin (12/7).

"Mestinya tahu akan alokasi anggaran pengadaan lahan DKI. Jadi tentu perlu dimintai keterangan, sehingga (kasus) menjadi terang benderang," imbuhnya.

Arief Poyuono Klaim Sejumlah Menteri Tak Loyal ke Jokowi, Pengamat: Omong Kosong!

Halaman: 
Penulis : Iskandar