logo


Presiden Rouhani Ungkap Iran Saat Ini Bisa Tingkatkan Kadar Uranium Hingga 90 Persen

Hassan Rouhani mengungkap bahwa Iran saat ini mampu meningkatkan kadar uranium hingga 90 persen jika diperlukan

14 Juli 2021 20:30 WIB

Presiden Iran Hassan Rouhani
Presiden Iran Hassan Rouhani istimewa

TEHERAN, JITUNEWS.COM - Presiden Iran yang saat ini masih menjabat, Hassan Rouhani mengatakan bahwa pihaknya siap meningkatkan penggunaan kadar uranium hingga 90 persen jika diperlukan.

Berbicara dalam pertemuan kabinet pada Rabu (14/7), Rouhani mengatakan bahwa Organisasi Energi Atom Iran (AEOI) dapat meningkatkan kadar uranium hingga 20 persen dan 60 persen atau bahkan 90 persen dalam fasilitas nuklirnya.

Meski demikian, Rouhani mengatakan bahwa peningkatan kadar uranium tersebut tidak bertujuan untuk memproduksi senjata nuklir.


Uni Emirat Arab Resmikan Kantor Kedubesnya untuk Israel di Tel Aviv

"Kita dapat meningkatkan kadar uranium hingga 90 persen hari ini...Namun, kita sudah bilang sejak awal bahwa aktivitas nuklir kita sangat damai, kita memenuhi janji kita dan tidak berupaya membuat sebuah bom nuklir," kata Rouhani, dikutip Sputniknews.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga menyinggung mengenai langkah Donald Trump yang membawa AS keluar dari perjanjian nuklir Iran 2015 atau JCPOA, pada 2018 lalu. Menurutnya, dengan keluar dari perjanjian tersebut, Trump berusaha untuk mengakhiri perjanjian tersebut dan ingin membuat perekonomian Iran kolaps dengan kebijakan sanksi.

Meski demikian, ia menegaskan bahwa langkah Trump tersebut telah gagal.

Untuk diketahui, setelah Trump digantikan oleh Joe Biden, AS berencana kembali masuk ke dalam perjanjian nuklir JCPOA sekali lagi. Untuk itu, AS dan Iran saat ini tengah terlibat negosiasi.

Mesir Dukung Upaya Pemulihan Krisis Politik dan Ekonomi Lebanon

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia