logo


Jepang Peringatkan Persaingan Antara China dan AS di Selat Taiwan Akan Semakin Intens

Pemerintah Jepang khawatir dengan meningkatnya situasi ketegangan antara China dan Amerika Serikat di Selat Taiwan

13 Juli 2021 18:15 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi China Daily

TOKYO, JITUNEWS.COM - Meningkatnya ketegangan militer di sekitar wilayah Taiwan serta persaingan ekonomi dan teknologi antara China dan Amerika Serikat telah meningkatkan prospek krisis di kawasan, khususnya ketika keseimbangan kekuatan bergeser ke arah China. Hal itu disampaikan oleh Kementerian Pertahanan Jepang dalam laporan tahunannya.

Tinjauan pertahanan Jepang, yang disetujui oleh pemerintah Perdana Menteri Yoshihide Suga pada hari Selasa, menunjuk ke China sebagai masalah keamanan nasional utama Jepang.

"Penting bagi kita untuk memperhatikan situasi dengan pendekatan krisis lebih dari sebelumnya," demikian pernyataan yang ditulis oleh Kemenhan Jepang tersebut, dikutip Reuters.


Jubir Iran Sebut Teheran dan Washington Sedang Negosiasi Pertukaran Tahanan

"Secara khusus, persaingan di bidang teknologi kemungkinan akan menjadi lebih intens," tambahnya.

Peningkatan aktivitas militer China baru-baru ini di sekitar Taiwan membuat Jepang khawatir mengingat lokasi Taiwan terletak dekat dengan kepulauan Okinawa di ujung barat Jepang.

Kementerian Luar Negeri Taiwan mengucapkan terima kasih kepada Jepang karena menganggap pentingnya keamanan di Selat Taiwan.

Tapi, pernyataan Jepang tersebut memicu kemarahan dari Beijing yang mengatakan jika Jepang telah membuat tuduhan tak berdasar tentang pembangunan pertahanan dan kegiatan militer China yang normal.

"Ini sangat salah dan tidak bertanggung jawab. China menyatakan ketidakpuasan yang kuat dan penentangan tegas terhadap tuduhan ini," kata juru bicara kementerian luar negeri China Zhao Lijian.

RS Covid-19 Irak Terbakar, Lebih dari 40 Orang Tewas

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia