logo


Desak Pemerintah Terbuka Soal Penggunaan TKA saat Pandemi, Ganjar: Kalau Tidak Ini Jadi Bulan-bulanan

Ganjar mengatakan bahwa TKA yang boleh masuk ke Indonesia adalah pekerja yang memiliki keahlian tertentu yang tidak dimiliki oleh pekerja lokal.

13 Juli 2021 15:13 WIB

Ganjar Pranowo
Ganjar Pranowo tirto.ID

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meminta pemerintah terbuka terkait penggunaan Tenaga Kerja Asing (TKA). Menurutnya, apabila pemerintah menutupi informasi terkait penggunaan TKA maka bukan tidak mungkin hal tersebut menjadi bulan-bulanan pihak-pihak tertentu.

"Kalau bicara TKA faktor sosialnya, komunikasinya, politiknya, menurut saya harus di-disclose, harus terbuka. Kalau mau memasukkan ini, apa sih yang mau masuk? Publik harus diberikan penjelasan yang bagus dengan narasi yang baik karena kalau tidak ini menjadi bulan-bulanan," kata Ganjar dalam diskusi Investor Daily, Selasa (3/7/2021).

Ganjar mengatakan bahwa TKA yang boleh masuk ke Indonesia adalah pekerja yang memiliki keahlian tertentu yang tidak dimiliki oleh pekerja lokal.


Soal Kabar TKA Datang Saat PPKM Darurat, DPR Minta Presiden Jokowi Turun Tangan

Ia pun mengaku siap membuka data terkait penggunaan TKA apabila memang diperlukan.

"Saya firm betul menghadapi soal begini, karena kami ada datanya dan data bisa kami share (buka)," ujarnya.

Sebelumnya, kedatangan 20 TKA asal China saat PPKM Darurat menuai protes dari berbagai kalangan. Publik menyayangkan sikap pemerintah yang mendatangkan TKA saat kondisi pandemi di Tanah Air sedang tinggi-tingginya.

Kasus Melonjak Usai Bupati Banjarnegara Ingin Berdampingan dengan Covid, Ganjar: Tidak Bisa Bercanda Lagi!

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati