logo


Jubir Iran Sebut Teheran dan Washington Sedang Negosiasi Pertukaran Tahanan

Juru bicara pemerintah Iran mengatakan bahwa pihaknya saat ini tengah melakukan negosiasi dengan Washington terkait pertukaran tahanan

13 Juli 2021 14:15 WIB

Juru bicara Kemenlu Iran, Saeed Khabtizadeh
Juru bicara Kemenlu Iran, Saeed Khabtizadeh istimewa

TEHERAN, JITUNEWS.COM - Pemerintah Iran saat ini tengah melakukan negosiasi dengan Amerika Serikat mengenai pertukaran tahanan. Hal itu disampaikan oleh juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Saeed Khatibzadeh pada Senin (12/7).

“Pembebasan tahanan Iran di AS dan beberapa negara Barat lainnya selalu menjadi agenda kami. Menteri Luar Negeri [AS] [Antony Blinken] menawarkan sejak lama untuk menukar tahanan Iran dan AS. Pemerintah [Presiden AS Joe] Biden kembali mengangkat isu tersebut saat dilantik secara resmi. Negosiasi saat ini tengah diadakan," kata juru bicara itu, dikutip Sputniknews.

Pertukaran tahanan merupakan isu sensitif dalam hubungan Iran-AS. Pertukaran tahanan antara kedua negara terakhir terjadi pada 2016, atau setahun setelah Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA) ditandatangani, dan pada 2019.


AS Tolak Kirim Pasukannya untuk Atasi Situasi Krisis di Haiti pasca Terbunuhnya Presiden Moise

Namun, pada awal Mei lalu, juru bicara Kementerian Luar Negeri AS Ned Price membantah laporan media yang menyebut bahwa AS telah mencapai kesepakatan baru dalam pertukaran tahanan dengan sejumlah negara.

Negosiasi soal Nord Stream 2 antara Jerman dan AS Masih Berlangsung

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia