logo


Relawan Bersatu Siap Melawan Covid-19

Upaya melawan Covid harus dihadapi secara bersama-sama.

13 Juli 2021 08:50 WIB

Rapat Akbar Lawan Pandemi Covid
Rapat Akbar Lawan Pandemi Covid akuratnews.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Dalam situasi dan kondisi dimana pandemi Covid-19 “menggila”, setiap warga negara harus merasa terpanggil untuk ambil bagian dalam melawan ganasnya virus corona. Hal ini disampaikan Marsekal Madya TNI Purn Daryatmo dalam konsolidasi Relawan Indonesia Bersatu Melawan Covid-19, pada Senin (12/7).

Melawan Covid, menurut Daryatmo yang juga mantan Kabasarnas dan mantan Kasum TNI, adalah masalah kemanusiaan yang tidak memandang suku, agama, kepercayaan apalagi politik.

Humanity is regardless of race, religion, believe and politic (Kemanusiaan tidak memandang ras, agama, kepercayaan dan politik),” jelasnya.


Keras! Luhut Tantang Pihak yang Sebut Covid Tak Terkendali untuk Menghadap Dirinya

Karena itu, Daryatmo mengajak para relawan untuk menanggalkan segala atribut untuk satu tujuan meniadakan penularan wabah Covid-19. Sehingga semua warga bangsa dapat menjalani kehidupan secara normal.

“Upaya melawan Covid harus dihadapi secara bersama-sama. Karena itu diperlukan kesatuan langkah di semua elemen masyarakat termasuk juga Pemerintah,” kata Daryatmo.

Menurutnya, perlu menjebol sekat untuk melebur dalam satu gerakan melawan Covid.  Selain itu, dibutuhkan narasi yang mampu meyakinkan masyarakat bahwa Covid hanya bisa dihadapi dengan bersatu.

“Persatuan menjadi modal menghadapi Covid secara cepat. Relawan bersatu harus mampu menjadi katalisator persatuan, keutuhan dan kerukunan,” tandasnya.

Sebelumnya, Relawan Indonesia Bersatu Melawan Covid-19 telah melakukan konsolidasi menyusul lonjakan angka kematian dan penularan virus corona yang masif.

Konsolidasi itu dihadiri sejumlah tokoh dan elemen masyarakat. Sebut saja Dubes Indonesia untuk Ukraina Prof Yudi Chrisnandi, Marsekal Madya TNI Purn Daryatmo, Laksamana Madya TNI Purn Widodo, Irjen Pol Purn Anton Charlian, Mayjen Purn Sturman Panjaitan, Sultan Kanoman Cirebon.

Sedangkan dari perwakilan pemerintah hadir Dirjen Dukcapil Prof Judan dan Kepala Badan SDM Kemekumham Sri Puguh Budi Utami. Dari kalangan politisi, hadir KH Maman Imanul Haq, RA Imron Amin, Kharisma Febriansyah dan Anwar Sadat.

Lalu dari kalangan artis hadir Ayu Azhari, Paramitha Rusadi, Ote Abadi, Hari Koko. Tak ketinggalan mewakili media, Saat Surya Safaat dari LKBN ANTARA. Sementara dari kalangan penggiat sosial hadir Mujib Hermani, Meiby Mariana S, Kelik Wirawan, Linda Kartika Dewi dan Kris Tjantra.

Rapat tersebut menghasilkan beberapa agenda yang tertuang dalam program yang disinergikan dengan program kerja pemerintah untuk menanggulangi pandemi Covid-19. Dibentuk pula kepengurusan agar agenda ini bisa berjalan secara efektif dan maksimal.

Peringatan dari Puan: Jangan Salahkan Pihak yang Terus Bekerja Tangani Covid-19!

Halaman: 
Penulis : Iskandar