logo


Vaksin Sputnik V Diklaim 90 Persen Efektif Cegah Infeksi Varian Delta

Salah satu pakar kesehatan Rusia menyebut jika vaksin Sputnik V 90 persen efektif dalam memberikan perlindungan terhadap infeksi varian Delta

11 Juli 2021 18:17 WIB

Vaksin Sputnik V
Vaksin Sputnik V sputniknews

MOSKOW, JITUNEWS.COM - Vaksin Covid-19 buatan Rusia, Sputnik V, diklaim memiliki tingkat efektivitas mencapai 90 persen dalam memberikan perlindungan yang cukup terhadap strain Delta baru dari virus corona. Hal itu disampaikan oleh Kepala Laboratorium Universitas Novosibirsk, Sergey Netesov, kepada Sputniknews.

“Menurut data dari Inggris, AS, dan negara lain, vaksin mRNA dan vektor, termasuk Sputnik V kita, dapat melindungi (manusia) hal itu [varian Delta], meskipun pada tingkat yang lebih rendah, tetapi mereka masih melindunginya. Mereka (vaksin-vaksin tersebut) menawarkan 95% perlindungan terhadap strain awal dan sekarang mereka memberikan perlindungan 90% terhadap varian 'delta'," kata Netesov.

Ia menambahkan, vaksin yang saat ini sudah dikembangkan harus tetap digunakan mengingat tingkat efektifitasnya masih cukup tinggi.


Dua Kapal China Masuk ke Perairan di Sekitar Pulau Sengkaku Jepang

Pada akhir Juni lalu, Vladimir Gushchin, kepala laboratorium mekanisme variabilitas populasi dari pusat penelitian Gamaleya yang mengembangkan vaksin Sputnik V, mengatakan bahwa vaksin buatan Rusia tersebut bahkan dapat memberikan perlindungan hampir 100 persen terhadap kasus COVID-19 yang parah dan fatal yang disebabkan oleh regangan Delta.

Rusia menjadi negara pertama di dunia yang mendaftarkan vaksin untuk melawan virus corona Covid-19 yang mereka namai dengan Sputnik V pada Agustus 2020.

Pakistan Perketat Penjagaan Wilayah Perbatasan dengan Afghanistan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia