logo


Dua Kapal China Masuk ke Perairan di Sekitar Pulau Sengkaku Jepang

Media Jepang melaporkan bahwa sedikitnya dua kapal China pada Sabtu (10/7) telah memasuki wilayah teritorial Jepang, di sekitar pulau Sengkaku

11 Juli 2021 15:30 WIB

Kepulauan Senkaku, yang diperebutkan oleh China dan Jepang
Kepulauan Senkaku, yang diperebutkan oleh China dan Jepang SCMP

TOKYO, JITUNEWS.COM - Media Jepang, NHK TV, pada Sabtu (10/7) melaporkan bahwa dua unit kapal China telah memasuki wilayah teritorial Jepang di dekat kepulauan Sengkaku di hari yang sama. Pulau tersebut selama ini diketahui menjadi wilayah perebutan kedua negara.

Pada sekitar pukul 12 siang waktu setempat, empat kapal China terlihat berlayar di sekitar wilayah Laut China Timur, dan hanya dua kapal yang diketahui masuk ke dalam wilayah perairan Jepang di dekat Pulau Senkaku yang tidak berpenghuni tersebut. Menurut laporan NHK, kapal China itu berupaya mendekati sejumlah kapal ikan milik nelayan Jepang.

Kapal China tetap berada di dalam wilayah Jepang setidaknya hingga pukul 3 sore.


Pentagon Prediksi Afghanistan Bakal Minta Tolong AS untuk Kembali Lawan Taliban

Pemerintah Jepang sendiri mengklaim jika Pulau Sengkaku adalah bagian dari wilayah kedaulatan mereka sejak 1895, sedangkan Beijing mengklaim pulau itu sudah menjadi bagian dari teritorialnya pada peta yang dibuat oleh Jepang pada 1783 dan 1785.

Setelah era Perang Dunia II, Amerika Serikat diketahui mengendalikan pulau tersebut hingga menyerahkannya kepada pemerintah Jepang di tahun 1972. China mengklaim jika pulau tersebut secara ilegal "diambil-alih" oleh pemerintah Jepang.

Jepang sendiri berulang kali menuding China baru tertarik dengan pulau tersebut pada tahun 1970-an usai mengetahui jika kawasan di sekitar kepulauan tersebut memiliki cadangan sumber daya alam, seperti minyak, yang cukup berlimpah.

Rusia Bilang Upaya Provokasi Negara Barat di Laut Hitam Akan Gagal

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia