logo


Pentagon Prediksi Afghanistan Bakal Minta Tolong AS untuk Kembali Lawan Taliban

Juru bicara Pentagon mengatakan bahwa AS siap membantu Afghanistan dalam mempertahankan negaranya dari ancaman Taliban

11 Juli 2021 14:30 WIB

Pentagon
Pentagon reuters

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Juru bicara Pentagon, John Kirby, mengatakan bahwa Afghanistan kemungkinan besar nantinya akan dikuasai oleh Taliban, dimana pihak pemerintah Afghanistan nantinya akan kembali meminta dukungan dan bantuan dari Amerika Serikat untuk melawan kelompok militan tersebut.

“Ini bukan kesimpulan yang pasti dan tidak ada yang harus berpikir itu adalah kesimpulan yang sudah pasti bahwa Taliban hanya akan dengan cepat mengambil alih negara itu,” kata Kirby, berbicara kepada CNN pada hari Jumat.

“Tidak harus seperti itu dan orang Afghanistan tidak akan melakukan ini tanpa bantuan kami,” tambahnya, merujuk pada komitmen pemerintahan Biden untuk terus menyediakan dukungan non-pasukan militer di Afghanistan setelah diselesaikannya penarikan pasukan AS dari negara itu pada akhir Agustus mendatang.


Erdogan Bilang Turki Nggak Akan Tinggal Diam dengan Kekejaman Israel terhadap Palestina

“Bantuan itu akan bertransisi. Itu tidak akan menjadi sebuah bantuan secara langsung di lapangan seperti yang anda katakan...tetapi kami akan terus mendukung mereka secara finansial, membantu mereka dengan gaji untuk tentara mereka. Kami juga akan membantu merawat pesawat mereka di luar negeri, jadi kami masih akan hadir di sana untuk membantu mereka melakukan ini, tetapi semua keputusan di tangan mereka,” tegas Kirby.

Pernyataan tersebut muncul usai kelompok Taliban pada Jumat (9/7) mengklaim bahwa mereka sudah menguasai 85 persen wilayah Afghanistan, termasuk beberapa titik di perbatasan negara tersebut.

Mayoritas Warga Brazil Setuju dengan Pemakzulan Bolsonaro

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia