logo


Hari Ini, Kemenag Gelar Sidang Isbat Tentukan Awal Zulhijah

Sidang isbat dipimpin oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas secara daring

10 Juli 2021 12:30 WIB

Ilustrasi.
Ilustrasi. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kementerian Agama menggelar sidang isbat (penetapan) awal Zulhijah 1442 H hari ini. Sidang isbat dipimpin oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas secara daring.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar), Moh Agus Salim, mengatakan bahwa sidang dilakukan secara daring karena adanya pemberlakuan PPKM darurat.

"Karena masih dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat, maka sidang isbat nanti sore, seluruhnya akan dilakukan secara daring. Dan Bapak Menteri Agama akan memimpin dari kediamannya di Widya Chandra," kata Agus dalam keterangannya, Sabtu (10/7).


Sore Ini Sidang Isbat Penetapan Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Besok Lebaran Jika Hilal Terlihat

Agus mengatakan bahwa sidang isbat melibatkan Duta Besar Negara Sahabat, Ketua Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), pimpinan ormas Islam, dan unsur masyarakat lainnya.

"Mereka semua telah diundang, dan akan untuk mengikuti sidang isbat melalui aplikasi pertemuan dalam jaringan," katanya.

Masyarakat juga bisa memantay sidang isbat via Zoom atau YouTube Kemenag, BimasIslam TV dan TVRI.

Sidang isbat untuk menetapkan 1 Zulhijah guna menentukan kapan 10 Zulhijah jatuh tahun ini. Idul Adha akan dilaksanakan pada 10 Zulhijah 1442 Hijriah.

Pemerintah Gelar Sidang Isbat Hari Ini, LAPAN: Mustahil Hilal Terlihat

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata