logo


Demokrat Ungkap Faktor-faktor yang Bikin Indonesia Jadi 'Failed Nation'

Ibas mengatakan bahwa Indonesia jangan sampai disebut negara gagal atau failed nation dalam menangani Covid-19

9 Juli 2021 09:44 WIB

Herzaky Mahendra Putra
Herzaky Mahendra Putra Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Waketum Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) mengatakan bahwa Indonesia jangan sampai disebut negara gagal atau failed nation dalam menangani Covid-19.

Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra, menjelaskan beberapa faktor yang membuat Indonesia bisa mengarah ke negara gagal.

"Sudut pandang kami dalam kasus Covid ini adalah soal penyelamatan nyawa rakyat. Jika sebuah negara tak mampu menyelamatkan nyawa rakyatnya bisa dianggap sebagai bangsa yang gagal. Karena kebutuhan akan hak hidup, adalah hak paling dasar bagi warga negara," kata Herzaky kepada wartawan, Kamis (8/7).


'Failed Nation' Ibas Banjir Kritikan, Demokrat: Tak Perlu Berpikir Negatif

Menurutnya, Indonesia bisa disebut negara gagal apabila kasus Covid-19 terus melonjak dan banyak pasien Covid-19 yang tidak ditangani dengan baik. Sehingga akan banyak orang meninggal akibat Covid-19.

"Jika nyawa terus bergelimpangan dan meningkat drastis karena akses terbatas terhadap oksigen, akses terbatas terhadap obat-obatan yang semakin membumbung tinggi harganya, dan akses akan perawatan di rumah sakit semakin terbatas, serta rendahnya tingkat kemanjuran vaksin dengan alokasi tidak merata dan penyebarannya tidak berjalan dengan cepat, sehingga setiap warga negara semakin rentan terhadap ancaman Covid-19 dan meningkatnya potensi kehilangan nyawa, membuat Indonesia bisa mengarah ke failed nation," ujarnya.

Tanggapi Kritik Demokrat, Gerindra: Perseteruan Politik Nggak Akan Meringankan Penderitaan

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata