logo


Respons AHY dan Ibas, Jubir Presiden: Indonesia Membuktikan Kebersamaan Hadapi Pandemi Covid-19

Fadjroel mengatakan bahwa Jokowi sudah menjalankan kewajiban untuk melindungi bangsa Indonesia

8 Juli 2021 11:33 WIB

Juru Bicara Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman
Juru Bicara Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman Doc Jitunews

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Dua pimpinan Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) mempertanyakan kemampuan negara dalam menangani Covid-19.

Juru bicara Presiden Joko Widodo, Fadjroel Rachman, mengatakan bahwa Jokowi sudah menjalankan kewajiban untuk melindungi bangsa Indonesia.

"Presiden Joko Widodo menjalankan kewajiban konstitusional, 'Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa.' Kewajiban konstitusional tersebut salah satu wujudnya adalah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat oleh pemerintah sebagai upaya bersama untuk melindungi diri, keluarga dan lingkungan sekitar dari ancaman sangat berbahaya dari penyebaran Covid-19," kata Fadjroel dalam keterangan tertulisnya, Kamis (8/7).


Tanggapi AHY dan Ibas, PPP: Mereka Menebarkan Pesimisme, Orang-orang di Sekitarnya Bisa Ikut-ikutan

Fadjroel mengatakan bahwa penerapan protokol kesehatan adalah cara paling utama dalam mencegah penyebaran Covid-19.

"Penerapan protokol kesehatan karena saat ini cara paling utama mencegah penyebaran adalah dengan melaksanakan protokol kesehatan 5M, yaitu (1) memakai masker dengan benar; (2) mencuci tangan dengan sabun; (3) menjaga jarak; (4) menjauhi kerumunan, dan; (5) mengurangi mobilitas," jelasnya.

Tak hanya PPKM Darurat, vaksinasi Covid-19 juga merupakan salah satu upaya penyelamatan masyarakat.

"Presiden Joko Widodo telah berhasil melakukan diplomasi bilateral dan multilateral dalam pengadaan vaksin. Saat ini, per Juni 2021, Indonesia telah memiliki 93.728.400 dosis vaksin dan 45 juta orang telah divaksin," katanya.

Politikus Gerindra: Daripada Berteriak di Luar, Lebih Baik Ibas Hadir dalam Rapat

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata