logo


Pantau Langsung, Gibran Pastikan PPKM Darurat Berjalan Maksimal

Selama sidak berlangsung, masih ditemukan beberapa toko yang masih buka, meski bukan sektor esensial.

6 Juli 2021 12:30 WIB

Gibran beserta jajarannya memantau langsung penerapan PPKM Darurat.
Gibran beserta jajarannya memantau langsung penerapan PPKM Darurat. Dok. Jitunews

SOLO, JITUNEWS.COM - Pemerintah Kota Surakarta memastikan pelaksanaan PPKM Darurat pada 3-20 Juli bisa berjalan sesuai Instruksi Mendagri Nomor 15 dan 16 Tahun 2021.

Wali Kota Gibran Rakabuming Raka dan Wakil Walikota Teguh Prakosa bersinergi melakukan pemantauan di sejumlah lokasi pada Senin (5/7).

Gibran-Teguh melibatkan tim gabungan Pemkot Solo dengan jajaran Forkopimda (Kapolresta, Komandan Kodim 0735, Kepala Kejari), beserta camat dan lurah di wilayah setempat.


Kedatangan TKA China Saat PPKM Darurat Tuai Kritik, Kemenhub Bela: Mereka Penuhi Syarat Keimigrasian

Sesuai instruksi Mendagri dan SE Walikota Surakarta no.067/2083 tentang PPKM Darurat, disebutkan untuk sektor non esensial ditutup sementara mulai 3-20 Juli 2021 demi menekan penularan Covid-19.

Sejumlah lokasi didatangi seperti toko di sekeliling Alun-alun Utara, Kampung Batik Kauman, Jalan Gatot Subroto dan Jalan Dr Rajiman, Kampung Batik Laweyan, hingga Jalan Veteran.

Dalam sidak tersebut, Teguh melekatkan stiker yang bertuliskan "Tempat Ini Ditutup Sementara" di setiap toko yang masih buka selama penerapan PPKM Darurat Jawa-Bali.

Pada kesempatan ini, Gibran menyapa salah satu pedagang wedangan dan mengingatkan agar pembelian dilayani secara take away atau dibungkus.

“Dibungkus aja ya, Pak. Tidak usah menyediakan kursi. Makan di tempat tidak diperbolehkan,” jelas Gibran.

Selama sidak berlangsung, masih ditemukan beberapa toko—tidak termasuk sektor esensial--yang tetap buka. Menyikapi hal ini, Teguh menyatakan pihaknya akan menjatuhkan sanksi bagi pelanggar.

“Kita sedang dalam kondisi darurat Covid-19 dan kondisi ini tidak bisa ditawar atau didiskusikan. Masih ditemukan banyak toko non esensial yang masih nekat buka. Nanti kita akan tindak tegas kalau masih melanggar aturan yang ada,” tegasnya.

Minta Polri Patroli Gudang Obat, Luhut: Kamis Tak Boleh Terjadi Kelangkaan!

Halaman: 
Penulis : Iskandar