logo


Kedatangan TKA China Saat PPKM Darurat Tuai Kritik, Kemenhub Bela: Mereka Penuhi Syarat Keimigrasian

Kemenhub meminta agar masyarakat tidak mudah percaya dengan informasi yang belum diketahui kebenarannya.

6 Juli 2021 06:00 WIB

Kemenhub
Kemenhub istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Novie Riyanto menanggapi sejumlah kritikan terkait kedatangan 20 TKA China saat pemberlakuan PPKM Darurat. Ia menegaskan bahwa 20 TKA tersebut tiba di Indonesia sebelum kebijakan PPKM Darurat diberlakukan.

"Kami sangat paham adanya keresahan masyarakat tentang warga asing yang masuk di tengah pengetatan mobilitas orang. Tetapi kami tegaskan, mereka datang terlebih dahulu sebelum PPKM, dan telah memenuhi persyaratan keimigrasian dan lolos pemeriksaan kesehatan oleh Tim Kemenkes, sesuai protokol kedatangan orang dari luar negeri, di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta," ucap Novie dalam keterangannya, Senin (5/7/2021).

Novie menjelaskan bahwa 20 TKA asal China itu sampai di Indonesia pada tanggal 25 Juni 2021, kemudian telah menjalani masa karantina selama 5 hari sesuai dengan ketentuan dalam Surat Edara Nomor SE 21 Tahun 2021.


Situs Daftar STRP 'Hang' Gegara Kapasitas 1 Juta yang Masuk 17 Juta, Anies Beri Peringatan Ini

"Ketika TKA datang, masih berlaku SE Nomor 21 Tahun 2021 sehingga mereka harus menjalani masa karantina selama 5 hari, kemudian baru melanjutkan perjalanan ke Makassar pada 3 Juli 2021. Dengan demikian, jelas bahwa TKA tidak datang langsung dari China ke Makassar," jelasnya.

Ia pun menegaskan bahwa saat ini Bandara Internasional Sultan Hasanuddin di Makassar tidak melayani penerbangan internasional. Oleh karena itu, ia meminta agar masyarakat tidak mudah percaya dengan informasi yang belum diketahui kebenarannya.

"Saya menghimbau kepada semua pihak dan masyarakat Indonesia, agar tidak cepat percaya dengan berita hoaks, terlebih dahulu harus di crosscheck kebenaran dari informasi dan berita yang beredar," pungkasnya.

Minta 20 TKA China Dideportasi, Bamsoet: PPKM Darurat Akan Sia-sia

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati