logo


Badai Elsa Hantam Wilayah Kuba, Ratusan Ribu Warga Dievakuasi

Badai Elsa tengah menghantam sejumlah wilayah di segitiga Bermuda, seperti beberapa negara Amerika Tengah dan negara bagian Florida di Amerika Serikat

5 Juli 2021 17:00 WIB

Warga Kuba dievakuasi menjelang terjangan badai Elsa
Warga Kuba dievakuasi menjelang terjangan badai Elsa Al Jazeera

HAVANA, JITUNEWS.COM - Pemerintah Kuba dikabarkan telah mengevakuasi sekitar 180 ribu warga ditengah kekhawatiran Badai Tropis Elsa dapat memicu banjir bandang, menyusul adanya laporan yang menyebut badai tersebut telah menewaskan sedikitnya tiga orang di wilayah kepulauan Karibia.

Sebuah tanda peringatan badai telah dibunyikan di sejumlah provinsi di negara Amerika Tengah, termasuk di wilayah ibu kota Havana. Begitu juga di sejumlah negara lain di kawasan segitiga Bermuda, seperti Jamaika, dan negara bagian Florida di Amerika Serikat.

Dilansir dari Al Jazeera, pemerintah Kuba juga dikabarkan telah membangun fasilitas shelter atau tempat pengungsian dan mengamankan seluruh cadangan pangan dan logistiknya.


Pasukan SAS Inggris Bakal Tetap Tinggal Meski Tentara Koalisi Sudah Pergi dari Afghanistan

Menurut BMKG setempat (NHC) pada Minggu (4/7), badai Elsa merupakan badai kategori 1 dengan kecepatan angin mencapai 95 kilometer per jam. Meski demikian, badai tersebut bisa berpotensi mengalami penguatan seiring dengan lintasan badai yang semakin dekat dengan wilayah pesisir selatan AS.

"Namun, pelemahan secara bertahap diperkirakan akan terjadi pada Senin saat Elsa melintasi wilayah Kuba. Usai Elsa menuju Selat Florida dan sebelah tenggara Teluk Meksiko, badai tersebut kemungkinan akan kembali menguat," kata NHC.

Kanada Terpaksa Terjunkan Pasukan Militer untuk Atasi Karhutla yang Semakin Meluas

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia