logo


Kuartal I 2015, Tender Pengadaan BBM ISC Laris Manis

Ada sebanyak 134 perusahaan terdaftar dalam proses tender ekspor - impor bahan bakar minyak

7 Mei 2015 20:43 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM - Hingga kuartal I tahun 2015, Integrated Suply Chain (ISC) unit kerja dari PT Pertamina (Persero) Tbk mencatat, ada sebanyak 134 perusahaan terdaftar dalam proses tender ekspor - impor bahan bakar minyak (BBM).

Vice President ISC, Daniel Syahputra Purba mengatakan, pihaknya telah melakukan tender pengadaan minyak. Sebelumnya, sejak 1 Januari 2015 lalu ISC ditugaskan untuk melakukan pengadaan minyak mentah dan produk kilang diantaranya Premium, Solar, Avtur dan Pertamax CS.

“Dengan tidak lagi menggunakan perantara dalam aktivitas jual-beli, dalam 1,5 bulan ini Pertamina mulai mendapatkan respons positif dari para mitra usaha karena bisa langsung berbisnis dengan Pertamina,” jelas Daniel kepada media di kantor pusat Pertamina di Jakarta, Kamis (7/5)


Hadapi New Normal, Pertamina Pastikan Pasokan BBM dan LPG Aman

Daniel menjelaskan, ISC telah melaksanakan proses tender langsung pertama kalinya pada tanggal 22 Januari lalu untuk pengiriman minyak mentah pada bulan April lalu. Dalam tender pertama tersebut, diundang sebanyak 62 mitra usaha untuk mengikuti tender. 20 di antaranya adalah perusahaan minyak nasional dan 15 perusahaan minyak multinasional serta 27 trader.

“Sejak 1 Januari 2015 kita ditugaskan, kita bergerak cepat, mengkaji seluruh kontrak, termasuk konfirmasi korespondensi dalam penyediaan jenis crude atau produk dari suplier. Pada 22 Januari kita undang 62 suplier, sampai akhirnya membuka penawaran 2,3 juta barel dari produsen, pemilik kilang, sampai pembelian 140.000 barel produk BBM,”ungkapnya

Selain itu, Daniel juga menambahkan, bahwa manfaat yang terasa dari perubahan proses bisnis ini adalah pemotongan mata rantai pasokan. Pengadaan dilakukan langsung dari Pertamina ke market tanpa perantara, sehingga mengurangi mata rantai termasuk mengurangi biaya yang keluar.

Pertamina Siapkan Pasokan LPG dan BBM Jelang Idul Adha 2020

Halaman: 
Penulis : Deni Muhtarudin