logo


Vaksinasi Covid-19 Berjalan Lambat, Warga Brazil Desak Pemakzulan Presiden Bolsonaro

Ribuan warga Brazil di sejumlah kota menggelar aksi demonstrasi menuntut agar Presiden Bolsonaro segera dimakzulkan usai dinilai tidak tanggap dalam menangani situasi pandemi.

4 Juli 2021 17:30 WIB

Warga Brazil menggelar protes di sejumlah kota untuk meminta Presiden Jair Bolsonaro segera mengundurkan diri karena gagal menangani situasi pandemi Covid-19
Warga Brazil menggelar protes di sejumlah kota untuk meminta Presiden Jair Bolsonaro segera mengundurkan diri karena gagal menangani situasi pandemi Covid-19 AFP

RIO DE JANEIRO, JITUNEWS.COM - Warga Brazil kembali menggelar aksi unjuk rasa pada Sabtu (3/7), mendesak pemerintah Brazil mempercepat program vaksinasi untuk memerangi pandemi virus corona, serta pemakzulan Presiden Jair Bolsonaro yang dinilai tidak tanggap dalam menghadapi situasi pandemi.

Sehari sebelumnya, Hakim Agung Rosa Weber mengizinkan dimulainya proses penyelidikan terhadap Bolsonaro atas dugaan penyimpangan dalam pengadaan vaksin Covid-19 yang dikembangkan di India.

Protes awalnya dijadwalkan pada 24 Juli 2021, tetapi diajukan setelah bukti penyimpangan terkait dengan kesepakatan vaksin itu dipresentasikan di hadapan komite Senat yang menyelidiki penanganan pandemi oleh pemerintah federal.


Presiden Turki: Kami Akan Melakukan Operasi Eksplorasi Migas di Mediterania Timur

Lambatnya progres vaksinasi telah membuat situasi krisis COVID-19 di Brasil semakin memburuk belakangan ini.

"Itu bukan penyangkalan, itu korupsi," demikian bunyi tulisan pada spanduk yang dibawa oleh Marilda Barroso, pengunjuk rasa berusia 71 tahun, di Rio de Janeiro.

Dilansir dari Reuters, aksi protes yang digelar pada Sabtu kemarin telah menarik ribuan orang di setidaknya 13 ibu kota negara bagian. Demonstrasi semacam ini juga dijadwalkan akan digelar di 315 kota dan di 15 negara bagian lain.

Iran Bantah Terlibat dalam Serangan terhadap Kepentingan AS di Irak

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia