logo


Perjalanan Politik Rachmawati, Dirikan Partai Pelopor Hingga Dicopot NasDem

Rachmawati pernah mendirikan Partai Pelopor, namun tidak lolos electoral treshold.

3 Juli 2021 10:29 WIB

Rachmawati Soekarnoutri.
Rachmawati Soekarnoutri. Jitunews/Latiko A.D

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra, Andre Rosiade membenarkan bahwa penyebab meninggalnya Rachmawati Soekarnoputri dikarenakan Covid-19. Ia mengatakan bahwa level CT (Cycle Threshold) Rachmawati sebesar 22,8 persen dengan saturasi 83 persen.

"(Penyebab kematian) Covid-19," kata Andre seperti dilansir CNNIndonesia.com, Sabtu (3/7/2021).

Adik kandung Ketua Umum PDIP Perjuangan Megawati Soekarnoputri itu diketahui meninggal dunia pada hari Sabtu (3/7/2021) pukul 06.15 di RSPAD Jakarta. Almarhumah rencananya akan dimakamkan di Karet, Jakarta Selatan pada siang ini.


Fadli Zon: Prediksi Pemerintah Soal Covid-19 Sejak Awal Tahun Lalu Seringkali Salah

Sebagai putri Proklamator Indonesia ini, Rachmawati memiliki jalan panjang dalam dunia politik. Ia pernah mendirikan Partai Pelopor, namun sayangnya partai tersebut tidak lolos electoral treshold.

Kemudian pada tahun 2013, ia bergabung dengan Partai NasDem. Rachmawati menjabat sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Partai NasDem. Namun sayang, jabatan tersebut tidak bertahan lama usa dirinya dicopot pada tahun 2014. Ia dianggap tidak sejalan dengan cita-cita partai.

Pada tahun 2015, ia kemudian bergabung dengan Partai Gerindra sebagai Wakil Ketua Umum Bidang Ideologi. Karirnya pun semakin meningkat, pada September 2020, ia diangkat menjadi Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra yang berada langsung dibawah posisi Ketua Umum Prabowo Subianto.

Rachmawati Wafat Positif Covid-19, Jubir Menhan: Beliau Teman Diskusi Prabowo

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati