logo


Anjurkan Dana Kurban Dialihkan Bantu Warga, Muhammadiyah: Agama Tak Sekadar Dilaksanakan Secara Harfiah

Agama juga dilaksanakan dengan pikiran rasional dan juga kepekaan nurani.

2 Juli 2021 08:14 WIB

Penyembelihan hewan kurban jenis sapi.
Penyembelihan hewan kurban jenis sapi. istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Muhammadiyah menganjurkan dana untuk kurban dialihkan untuk membantu warga yang kesulitan karena terdampak Covid-19.

Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah Syamsul Anwar mengatakan pandemi Covid-19 begitu memberatkan masyarakat, terutama mereka yang lemah secara ekonomi.

"Misalnya mereka yang bekerja jualan, lalu ada keluarga yang terkena Covid-19 dan tidak bisa jualan. Mereka ini sangat perlu santunan, karena tidak ada pemasukan sama sekali," kata Anwar seperti dikutip dari Antara, Kamis (1/7).


Warga AS yang Sudah Divaksinasi Nggak Perlu Selalu Gunakan Masker

Menurutnya, kepekaan nurani manusia diperlukan pada situasi saat ini. Anwar mengingatkan perintah menyantuni fakir miskin yang tercantum dalam ayat Al Quran.

"Agama itu tidak hanya sekadar dilaksanakan secara harfiah, ini Idul kurban kita berkurban, tapi agama juga dilaksanakan dengan pikiran rasional dan juga kepekaan nurani," jelasnya.

Anwar juga menerangkan tentang Manhaj Tarjih yang dianut Muhammadiyah sebagai metode penyelesaian permasalahan di bidang keagamaan.

Dikatakan Manhaj Tarjih bersumber pada Al Quran dan Sunah dan melalui tiga pendekatan yaitu Burhani, Bayani, serta Irfani.

Pendekatan Bayani memandang persoalan agama dari segi dalil-dalil syar'i-nya. Sementara itu, pendekatan Burhani melihat permasalahan dari sudut teori-teori ilmu pengetahuan. Dan Irfani meninjau masalah dari kepekaan nurani.

Vaksinasi Belum Maksimal, WHO Prediksi Eropa Bakal Kembali Diterjang Tsunami Covid-19

Halaman: 
Penulis : Iskandar