logo


Vaksinasi Belum Maksimal, WHO Prediksi Eropa Bakal Kembali Diterjang Tsunami Covid-19

Direktur regional WHO untuk wilayah Eropa meminta warga dan otoritas tetap mewaspadai gelombang ketiga infeksi Covid-19

2 Juli 2021 11:30 WIB

Direktur WHO Eropa Hans Kluge
Direktur WHO Eropa Hans Kluge istimewa

KOPENHAGEN, JITUNEWS.COM - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan bahwa gelombang infeksi Covid-19 ketiga tidak akan dapat dihindari kecuali warga negara dan otoritas tetap "disiplin" dalam menegakkan protokol kesehatan. Peringatan tersebut dikeluarkan usai tren penurunan kasus infeksi selama 10 minggu terakhir di seluruh wilayah Eropa telah berakhir.

Dalam konferensi pers pada hari Kamis di Kopenhagen, Denmark, Direktur regional WHO untuk wilayah Eropa, Hans Kluge mengatakan bahwa jumlah kasus infeksi Covid-19 di seluruh wilayah Eropa dilaporkan mengalami kenaikan hingga 10 persen pada minggu lalu.

Kluge mengatakan peningkatan infeksi didorong oleh banyak faktor, mulai dari perjalanan, pertemuan, dan pelonggaran pembatasan sosial, saat negara-negara di seluruh kawasan telah mencabut aturan lockdown usai menurunnya jumlah kasus infeksi.


AS dan Inggris Lagi-lagi Tuding Intelijen Militer Rusia Terlibat Aktivitas Kejahatan Siber

“Ini terjadi dalam konteks situasi yang berkembang pesat. Varian baru yang menjadi perhatian, varian Delta... terlepas dari upaya luar biasa oleh negara-negara anggota (WHO), jutaan orang masih belum divaksinasi,” katanya, dikutip Al Jazeera.

“Akan ada gelombang baru di regional WHO kawasan Eropa kecuali kita tetap disiplin,” tegasnya.

Dia mengatakan bahwa efisiensi vaksin yang ada saat ini belum cukup untuk menawarkan perlindungan yang diperlukan dalam mencegah infeksi dan penyebaran varian Covid-19 Delta, terlebih dengan adanya fakta bahwa 63 persen orang di wilayah tersebut sejauh ini masih belum menerima suntikan dosis pertama.

Polandia Coba Isolasi Ekonomi Rusia, Jerman: Ini Tidak Hanya Salah, tapi Juga Bahaya

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia