logo


Geser Posisi Perancis, Denmark Jadi Negara dengan Pajak Tertinggi di Eropa di 2021

Secara keseluruhan, Denmark menjadi salah satu negara dengan tarif pajak tertinggi di wilayah Eropa dan seluruh dunia.

1 Juli 2021 09:45 WIB

Bendera Denmark
Bendera Denmark istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Denmark telah naik ke posisi tertinggi di seluruh Uni Eropa dalam hal pajak, menggeser posisi yang sebelumnya ditempati oleh Perancis.

Menurut edisi terbaru Tren Perpajakan di Uni Eropa, pemerintah Denmark telah menaikkan persentase tertinggi dari PDB dalam pendapatan pajak sebesar 46,1 persen, kenaikan signifikan 1,8 persen yang membuat negara Skandinavia tersebut jauh lebih tinggi dibanding dengan Perancis, yang pendapatan pajaknya turun 0,9 persen menjadi 45,5 persen.

Di bagian bawah rasio pendapatan negara dari penerimaan pajak terhadap PDB adalah Irlandia (22,1 persen) dan Rumania (26 persen).


Sudah Disuntik Vaksin Sputnik V, Putin: Saya Tidak Mendukung Vaksinasi Wajib

Denmark dan Siprus mengalami kenaikan tertinggi, sedangkan Belgia, Perancis, dan tetangga utara Denmark, Swedia, mencatat beberapa kerugian tertinggi.

Selain itu, Denmark juga memiliki bagian tertinggi dari penarikan pajak langsung, dengan pungutan atas barang dan jasa mewakili 66,5 persen pendapatan penuh (diikuti oleh Irlandia dan Malta).

Selama dekade sebelum 2019, Denmark dan Perancis mengalami peningkatan tertinggi dalam tarif pajak implisit atas modal, dimana masing-masing mencapai lebih dari 10 persen.

Secara signifikan, Denmark pada 2021 juga memiliki tarif pajak penghasilan tertinggi di 55,9 persen, diikuti oleh Yunani sebesar 54 persen, Belgia 53 persen, dan Swedia 52,3 persen.

Denmark juga tampaknya memiliki beberapa pertambahan nilai pajak standar tertinggi kedua di Eropa yakni sebesar 25 persen, yang hanya dilampaui oleh Hungaria sebesar 27 persen.

Vaksin Sputnik V Diklaim Jadi Vaksin Paling Manjur untuk Lawan Infeksi Varian Covid-19 Delta

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia