logo


Vaksin Sputnik V Diklaim Jadi Vaksin Paling Manjur untuk Lawan Infeksi Varian Covid-19 Delta

Institut Gamaleya mengatakan bahwa meski terjadi penurunan tingkat efektivitas dalam mencegah infeksi varian Delta, namun penurunan tingkat efektivitas vaksin Sputnik V masih lebih baik daripada vaksin Covid-19 lain

1 Juli 2021 09:15 WIB

Vaksin Sputnik V buatan Rusia
Vaksin Sputnik V buatan Rusia istimewa

MOSKOW, JITUNEWS.COM - Produsen vaksin Covid-19 pertama di dunia asal Rusia, Sputnik V, mengatakan bahwa formula mereka menawarkan perlindungan terbaik terhadap varian Delta baru yang diyakini lebih mudah menular, meskipun jenis virus yang bermutasi tersebut lebih sulit untuk dilawan dibanding dengan virus asli Covid-19.

Berbicara kepada wartawan pada Selasa, Denis Logunov, wakil direktur Institut Gamaleya, memperingatkan bahwa ada penurunan tingkat efektivitas dari vaksin Sputnik V terhadap sub-tipe Covid-19 yang pertama kali teridentifikasi di India tersebut.

“Kami melihat ada sedikit penurunan aktivitas serum sehubungan dengan strain Delta,” ungkap Logunov pada konferensi pers.


Disomasi Gara-gara Podcast 'Orang Gila Bebas Covid', Deddy Corbuzier: Saya Minta Maaf

“Untuk Sputnik V, ini kira-kira turun sekitar 2,6 kali lipat,” tambah ilmuwan tersebut.

Meski demikian, ia menjelaskan bahwa penurunan tingkat efektivitas Sputnik V dalam menghadapi varian Delta masih lebih baik daripada formula vaksin lain buatan luar negeri yang mencapai tiga sampai lima kali kurang efektif.

“Oleh karena itu, kami optimis dengan tingkat efektivitas yang kami lihat. Ada penurunan, tetapi penurunannya tidak signifikan,” tambah Logunov.

Secara keseluruhan, Sputnik V masih menawarkan perlindungan yang kuat terhadap infeksi, gejala serius bagi individu.

Sudah Disuntik Vaksin Sputnik V, Putin: Saya Tidak Mendukung Vaksinasi Wajib

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia