logo


UI Panggil BEM Akibat 'Jokowi King of Lip Service', PAN: Berlebihan Menurut Saya

BEM UI yang dipanggil rektorat UI karena poster Presiden Joko Widodo 'The King of Lip Service'.

28 Juni 2021 15:13 WIB

Farazandi Fidinansyah
Farazandi Fidinansyah Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Partai Amanat Nasional (PAN) menanggapi soal Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) yang dipanggil rektorat UI karena poster Presiden Joko Widodo 'The King of Lip Service'.

Wasekjekn DPP PAN, Farazandi Fidinansyah, menilai apa yang disampaikan BEM UI dimaknai sebagai kritik.

"PAN membela hak kebebasan berpendapat sebagai esensi demokrasi dan amanat reformasi. Kampus harus jadi ruang adu gagasan, bukan setiap kritik malah dibungkam dengan hukuman," kata Farazandi dalam keterangannya, Senin (28/6).


Minta Istana Tak Berlebihan Tanggapi Jokowi Raja Bual, Demokrat: Dulu Juga Raja Kritik Sebelum Dapat Kekuasaan

Menurutnya, pemanggilan dan pembinaan dari rektorat itu berlebihan.

"Berlebihan menurut saya jika mahasiswa harus dipanggil pihak kampus dan katanya diberikan pembinaan. Padahal seharusnya dibuka ruang dialog dan mereka yang tidak setuju bisa sampaikan argumentasinya. Inilah esensi demokrasi dan kebebasan berpendapat yang bertanggung jawab," ujar Farazandi.

Sebelumnya, pihak UI menjelaskan bawha dipanggilnya BEM UI buntut dari poster 'Jokowi The King of Lip Service' adalah untuk pembinaan.

"Atas pemuatan meme tersebut di media sosial, Universitas Indonesia mengambil sikap tegas dengan segera melakukan pemanggilan terhadap BEM UI pada sore hari Minggu, 27 Juni 2021. Pemanggilan terhadap BEM UI ini karena menilai urgensi dari masalah yang sudah ramai sejak postingan yang mereka buat di akun sosial media BEM UI. Pemanggilan ini adalah bagian dari proses pembinaan kemahasiswaan yang ada di UI," kata Kepala Humas dan KIP UI, Amelita Lusia, dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Minggu (27/6).

Fahri Hamzah Dikabarkan Jadi Jubir Gantikan Fadjroel Rachman, Ahli: Lebih Cocok Buat Debat Kusir

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata