logo


AS Ingin Jerman Beri Jaminan Jika Proyek Nord Stream 2 Tak Ganggu Kepentingan Ukraina

Menteri Luar Negeri AS dan Jerman pada Rabu (23/6) menggelar pertemuan di Berlin untuk membahas mengenai proyek Nord Stream 2 yang selama ini telah membuat hubungan bilateral kedua negara mengalami ketegangan

24 Juni 2021 16:45 WIB

Jalur pipa gas Rusia-Jerman Nord Stream 2
Jalur pipa gas Rusia-Jerman Nord Stream 2 istimewa

BERLIN, JITUNEWS.COM - Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas menegaskan bahwa Berlin bertekad untuk mencari solusi yang dapat diterima, bagi semua pihak yang terlibat dalam proyek Nord Stream 2.

Berbicara setelah pertemuan dengan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, Maas mengatakan bahwa pemerintah Jerman siap berkontribusi untuk memastikan bahwa jalur pipa sepanjang 745 mil, yang akan membawa gas Rusia ke Jerman melalui Laut Baltik tersebut tidak digunakan untuk merusak kepentingan Ukraina.

Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, selama ini telah memperingatkan bahwa proyek Nord Stream 2 adalah proyek geo-politik Rusia yang konon dapat merusak keamanan Ukraina dan dapat digunakan sebagai alat pemaksaan terhadap Eropa juga. Dalam pertemuan kedua politisi tersebut, Menteri Luar Negeri AS menegaskan kembali bahwa Washington ingin memastikan bahwa keamanan energi Eropa tetap terlindungi.


Turki Tak Jadi Kirim Pasukan ke Afghanistan untuk Jaga Bandara Kabul

"Kami berterima kasih atas persahabatan itu, kami ingin lebih kuat, kami tidak selalu setuju. Saya dan menteri luar negeri (Jerman) hari ini berbicara tentang salah satu bidang perselisihan negara kami selama ini, yaitu proyek jalur pipa gas Nord Stream 2, yang terus kami yakini sebagai ancaman bagi keamanan energi Eropa. Jerman memiliki perspektif yang berbeda, dan itu terjadi dari waktu ke waktu. Dan kami akan menangani ketidaksepakatan kami sambil terus meningkatkan kerjasama di banyak bidang," kata Blinken pada konferensi pers, dikutip Sputniknews.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken berada di Jerman sebagai bagian dari upaya pemerintahan Biden untuk meningkatkan kembali hubungan AS dan negara-negara sekutunya di Eropa. Blinken, yang tiba di Berlin pada Rabu untuk menghadiri Konferensi Berlin tentang konflik Libya, dijadwalkan bertemu dengan Kanselir Jerman Angela Merkel dan Menteri Luar Negeri Heiko Maas untuk membahas mengenai proyek Nord Stream 2, yang telah membuat tegang hubungan bilateral AS-Jerman selama ini.

AS Cabut Semua Sanksi Finansial Iran

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia