logo


AS Cabut Semua Sanksi Finansial Iran

Pejabat Iran mengatakan bahwa pemerintah AS setuju untuk mencabut semua sanksi yang selama ini diberlakukan pada sektor minyak, asuransi dan pengiriman kargo Iran.

24 Juni 2021 16:15 WIB

Iran-AS
Iran-AS CGTN

TEHERAN, JITUNEWS.COM - Iran mengatakan bahwa Amerika Serikat telah setuju untuk menghapus semua sanksi yang selama ini membelenggu sektor minyak dan pengiriman kargo Iran. Hal itu disampaikan oleh Kepala Staf Kepresidenan Iran Mahmoud Vaezi pada Rabu (23/6).

Sebelumnya, sejumlah delegasi pejabat pemerintah Iran mengatakan bahwa dalam negosiasi di Vienna yang digelar sejak April lalu, AS siap mencabut sejumlah sanksi yang dijatuhkan terhadap Teheran sebelum kembali masuk ke dalam perjanjian nuklir JCPOA.

Negosiasi Iran-AS tersebut pada Minggu (20/6) untuk sementara waktu ditunda, dua hari usai Iran mengadakan pemilihan presiden yang dimenangkan oleh Ebrahim Raisi. Raisi, yang diketahui merupakan salah satu tokoh Iran yang menerima sanksi dari AS, akan secara resmi menggantikan presiden Hasan Rouhani mulai Agustus mendatang.


Kapal Perang Inggris Masuk Wilayahnya, Militer Rusia Lepaskan Tembakan

"Kesepakatan telah dicapai untuk menghapus semua sanksi asuransi, minyak dan pengiriman yang sebelumnya dijatuhkan oleh (mantan Presiden AS Donald) Trump," kata kepala staf Rouhani, Mahmoud Vaezi, dikutip Reuters.

Vaezi juga mengatakan pemerintahan Joe Biden telah setuju untuk menghapus beberapa tokoh senior Iran dari daftar penerima sanksi mereka.

"Sekitar 1.040 sanksi era Trump akan dicabut berdasarkan perjanjian. Juga disepakati pencabutan beberapa sanksi terhadap individu dan anggota lingkaran dalam pemimpin tertinggi (Iran)," tambahnya.

Turki Tak Jadi Kirim Pasukan ke Afghanistan untuk Jaga Bandara Kabul

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia