logo


Turki Tak Jadi Kirim Pasukan ke Afghanistan untuk Jaga Bandara Kabul

Menhan Turki mengatakan bahwa pihaknya tidak berencana mengirim personil militer untuk menjaga keamanan bandara internasional Kabul, usai AS menarik seluruh pasukannya dari wilayah Afghanistan

24 Juni 2021 15:45 WIB

Hulusi Akar, Menhan Turki
Hulusi Akar, Menhan Turki istimewa

ANKARA, JITUNEWS.COM - Menteri Pertahanan Turki, Hulusi Akar, mengatakan bahwa pihaknya tidak berencana mengirim pasukan tambahan ke Afghanistan untuk menjaga bandar udara internasional Kabul.

"Kami sudah hadir di Afghanistan, dan tidak ada pertanyaan untuk mengirim pasukan militer tambahan ke sana untuk menjaga bandara di Kabul," kata Hulusi Akar dikutip Sputniknews.

Awal bulan ini, Ankara mengatakan bahwa pasukan Turki berencana untuk menjaga bandara Kabul setelah seluruh pasukan AS ditarik keluar dari Afghanistan.


Tak Peduli dengan Sanksi AS, Rusia Bakal Terus Pasok Senjata ke Venezuela

Pemerintah AS mengumumkan bahwa pihaknya mulai melakukan penarikan seluruh personil tentaranya yang ditugaskan di Afghanistan mulai 1 Mei lalu dan proses tersebut akan diselesaikan pada 11 September mendatang.

Keputusan tersebut diambil usai pada tahun 2020, pemerintahan Donald Trump dan perwakilan kelompok militan Taliban telah menandatangani perjanjian damai di Doha, Qatar. Dengan penanda-tanganan dokumen tersebut, Trump berniat untuk mengakhiri perang 19 tahun di Afghanistan yang merupakan perang terpanjang dalam sejarah militer AS.

Kapal Perang Inggris Masuk Wilayahnya, Militer Rusia Lepaskan Tembakan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia