logo


Kapal Perang Inggris Masuk Wilayahnya, Militer Rusia Lepaskan Tembakan

Situasi ketegangan antara Rusia dan sejumlah negara barat di perairan Laut Hitam semakin memanas

24 Juni 2021 15:15 WIB

Kapal Perang Inggris HMS Defender
Kapal Perang Inggris HMS Defender istimewa

MOSKOW, JITUNEWS.COM - Militer Rusia, pada Rabu (23/6) mengatakan bahwa mereka telah mengeluarkan sejumlah tembakan peringatan dan menjatuhkan sejumlah bom untuk menghalau kapal perang Inggris yang memasuki wilayah teritorialnya di Laut Hitam, dekat dengan Semenanjung Crimea.

Menanggapi pernyataan Rusia tersebut, Pemerintah Inggris langsung mengeluarkan bantahan. Inggris meyakini jika tembakan tersebut dikeluarkan bukan untuk mengusir kapal perangnya, melainkan karena militer Rusia tengah melakukan latihan tembak, dan tidak ada satu pun bom yang dijatuhkan.

Dalam pernyataan tertulisnya, Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan bahwa kapal perangnya, HMS Defender, melakukan pelayaran di wilayah perairan milik Ukraina, sesuai dengan undang-undang internasional.


Negara Barat Jatuhkan Sanksi, Belarus: Deklarasi Perang

"Tidak benar mengatakan bahwa kapal (kami) ditembaki atau berada di wilayah perairan Rusia," kata seorang juru bicara Perdana Menteri Boris Johnson, dikutip Reuters.

Sementara itu, sejumlah pakar mengatakan bahwa terlepas pernyataan mana yang akurat terkait insiden tersebut, namun hal tersebut mengindikasikan bahwa situasi ketegangan antara militer negara barat dengan Rusia di wilayah perairan yang disengketakan tersebut semakin memanas.

Rusia sendiri sudah mengambil alih wilayah Semenanjung Crimea dari Ukraina pada 2014 lalu dan menganggap wilayah perairan di sekitar Crimea sebagai wilayah teritorialnya. Sementara itu, negara-negara barat mengecam tindakan Rusia tersebut dan menegaskan bahwa wilayah Crimea adalah teritorial Ukraina.

 

Tak Peduli dengan Sanksi AS, Rusia Bakal Terus Pasok Senjata ke Venezuela

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia