logo


Hakim Sebut Perbuatan Habib Rizieq Meresahkan Masyarakat

Habib Rizieq Shihab divonis 4 tahun penjara dalam kasus berita bohong tes swab di RS Ummi

24 Juni 2021 12:36 WIB

Habib Rizieq
Habib Rizieq Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Habib Rizieq Shihab divonis 4 tahun penjara dalam kasus berita bohong tes swab di RS Ummi. Hakim menilai perbuatan Rizieq tersebut meresahkan masyarakat.

"Hal memberatkan, perbuatan terdakwa meresahkan masyarakat," kata hakim saat membaca surat putusan di PN Jaktim, Kamis (24/6).

Hakim juga mengatakan hal yang meringankan adalah Habib Rizieq memiliki tanggungan keluarga. Hakim juga menyebut pengetahuan agama Rizieq masih dibutuhkan umat.


Pengaruhi Keputusan Hakim, Rizieq Shihab Dituding Mainkan Tekanan Massa

"Hal meringankan, Terdakwa mempunyai tanggungan keluarga, pengetahuan agama Terdakwa masih dibutuhkan umat," ucap hakim.

Diketahui, Habib Rizieq terbukti menyampaikan berita bohong soal hasil swab.

"Menimbang bahwa majelis hakim berpendapat terdakwa memang belum di-PCR, dan baru di-antigen namun berdasarkan Kepmenkes tentang pedoman pencegahan pengendalian Covid-19 kondisi seperti ini disebut probable Covid-19 sehingga menurut majelis hakim walaupun belum dilakukan swab PCR, tetap saja Terdakwa tidak bisa dikatakan sehat, karena terdakwa probable Covid-19, sehingga informasi yang disampaikan Terdakwa adalah terlalu dini dan mengandung kebohongan, karena tidak sesuai fakta karena terdakwa sudah tahu dirinya reaktif Covid-19 namun Terdakwa tetap mengatakan 'kita sudah rasa segar sekali, alhamdulillah hasil pemeriksaan baik dan mudah-mudahan hasil ke depan baik' tanpa menunggu hasil PCR sehingga majelis berkeyakinan terdakwa telah siarkan kabar bohong," ujar hakim.

Divonis 4 Tahun Penjara, Habib Rizieq: Saya Menyatakan Banding

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata