logo


Tolak Presiden 3 Periode, Demokrat: SBY Aja Mampu Menghindarkan Diri dari Jebakan Kekuasaan Itu

Demokrat sebut prestasi di bidang pemerintahan tidak bisa menjadi alasan seorang presiden memperpanjang masa jabatannya

23 Juni 2021 05:30 WIB

wikimedia commons

JAKARTA, JITUNEWS.COM -  Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani mengatakan bahwa partainya menolak dengan tegas wacana amendemen UUD 1945 untuk memperpanjang masa jabatan presiden menjadi tiga periode. Ia menyebut wacana tersebut sudah ada sejak era kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), namun SBY disebut mampu menghindar dari jebakan kekuasaan itu.

"Wacana seperti ini pernah mengemuka pada periode kedua masa jabatan Presiden SBY, namun beliau mampu menghindarkan diri dari jebakan kekuasaan ini," kata Kamhar seperti dilansir CNNIndonesia.com, Senin (23/6/2021).

Kamhar mengatakan bahwa kekuasaan cederung menggoda. Namun ia tidak ingin pengalaman demokrasi tidak terbatas pada masa orde baru dan orde lama teruang kembali. Ia pun menegaskan bahwa jabatan presiden yang dibatasi merupakan amanat reformasi 1998.


Prabowo Unggah Foto Lamanya dengan Jokowi, Gerindra: Keakraban Itu Serius Terjalin

"Amandemen pembatasan masa jabatan ini sebagai respon agar pengalaman Orla dan Orba tak kembali terulang dalam perjalanan sejarah bangsa ini. Keduanya terjebak pada jebakan kekuasaan yang ingin terus menerus berkuasa seumur hidup," ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa prestasi di bidang pemerintahan tidak bisa menjadi alasan seorang presiden memperpanjang masa jabatannya. Apalagi, kata Kamhar, tidak ada prestasi yang ditoreh oleh pemimpin saat ini.

"Biasa saja, malah di bidang politik dan hukum ada beberapa indikator yang mengalami penurunan. Krisis ekonomi dan krisis kesehatan juga belum teratasi. Utang semakin menggunung," bebernya.

"Jangan sampai hanya karena proyek pemindahan Ibu Kota Negara ke Kalimantan Timur yang ingin dipaksakan, wacana tiga periode atau penambahan waktu masa jabatan sampai 2027 ini dipresentasikan," pungkasnya.

Arief Poyuono Usul Jokowi 3 Periode Lantaran Covid, Pakar: Nggak Perlu Beralasan Pandemi!

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati