logo


Tak Peduli dengan Sanksi AS, Rusia Bakal Terus Pasok Senjata ke Venezuela

Menlu Rusia mengatakan bahwa pihaknya akan terus bekerja sama dengan Venezuela di berbagai sektor, termasuk di bidang militer

22 Juni 2021 21:26 WIB

Sergey Lavrov
Sergey Lavrov Tass

MOSKOW, JITUNEWS.COM - Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan bahwa Rusia akan terus membantu Venezuela dalam meningkatkan kemampuan pertahanannya.

"Militer Venezuela selama ini sudah disuplai dengan sistem atau produk militer Rusia, tim ahli kami bekerja di sana, sesuai dengan kontrak, secara berkala melakukan tindakan yang diperlukan untuk pemeliharaan peralatan tersebut," kata Lavrov usai bertemu dengan Menteri Luar Negeri Venezuela Jorge Arreaza, dikutip Sputniknews.

Lavrov juga mengecam kebijakan sanksi yang dijatuhkan oleh AS terhadap Venezuela selama ini. Ia juga menegaskan bahwa Moskow akan terus bekerja sama dengan Venezuela untuk kepentingan kedua belah pihak.


Buktikan Tindak Pelanggaran HAM China, PBB Ingin Kunjungi Xinjiang

"Kami akan terus melanjutkan negosiasi terkait suplai pengiriman baru dari salah satu jenis senjata sesuai dengan apa yang diharapkan oleh Venezuela," tambahnya.

Kedua negara juga telah menandatangani 12 dokumen kerjasama bilateral dalam sektor finansial, energi, dan militer, begitu juga dengan sejumlah sektor lain seperti pangan dan kesehatan. Venezuela pada tahun ini juga akan menerima kiriman vaksin Sputnik V dari Rusia.

Negara Amerika Latin tersebut sejak 2019 telah dijatuhi sanksi yang dijatuhkan oleh AS dan sekutunya karena Washington menolak untuk mengakui hasil pemilu Venezuela yang kembali memenangkan Presiden Nicolas Maduro.

Sanksi tersebut telah menghancurkan perekonomian Venezuela karena aset milik negara yang disimpan di luar negeri telah dibekukan dan perusahaan Venezuela menjadi sasaran pembatasan ekonomi.

Negara Barat Jatuhkan Sanksi, Belarus: Deklarasi Perang

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia