logo


Putin-Biden Baikan, Dubes AS Ngantor Lagi di Moskow

Hubungan Washington-Moskow membaik, AS kirim dubesnya ke Rusia

22 Juni 2021 17:00 WIB

Gedung Kremlin di Moskow, Rusia
Gedung Kremlin di Moskow, Rusia istimewa

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Duta Besar AS untuk Rusia John Sullivan akan kembali ke Moskow pada pekan ini, menindaklanjuti rencana kedua negara untuk mengirim kembali utusan utama mereka setelah kemajuan yang dicapai pada pertemuan antara kedua presiden pada pekan lalu di Jenewa.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Ned Price, mengatakan kepada wartawan tentang jadwal kembalinya Sullivan ke Moskow pada konferensi pers pada hari Senin.

Price juga mengatakan jika pemerintahan Joe Biden juga menyambut baik kembalinya Duta Besar Rusia Anatoly Antonov ke Washington.


Frustrasi Di-PHP-in NATO, Ukraina: Berapa Banyak Reformasi yang Anda Inginkan?

Antonov dikabarkan tiba kembali di Washington pada hari Minggu (20/6), dan mengaku optimis dengan peningkatan kerja sama dengan pejabat AS dalam membangun "hubungan bilateral yang setara dan pragmatis".

Presiden Vladimir Putin telah memulangkan Antonov yang bertugas di Washington pada Maret lalu untuk berkonsultasi terkait hubungan bilateral AS-Rusia usai Presiden Joe Biden meyakini jika Putin adalah seorang "pembunuh".

Sullivan juga meninggalkan jabatannya di Moskow pada bulan April, setelah seorang pejabat Rusia menyarankan agar dia pulang ke Washington untuk melakukan “konsultasi yang serius dan menyeluruh” dengan pemerintahan Joe Biden. John Sullivan sendiri telah menjadi duta besar AS untuk Rusia sejak akhir 2019, ketika Donald Trump masih menjadi presiden.

Covid-19 Bakal Terus Bermutasi, WHO: Vaksin Generasi Selanjutnya Perlu Diproduksi

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia