logo


Rizal Ramli: Bukannya Fokus Atasi Pandemi, Jokowi dan Menkeu Terbalik Masih Sibuk Urusi Proyek

Proyek yang dimaksud adalah pembangunan ibu kota baru, tol, dan sebagainya.

22 Juni 2021 13:34 WIB

Rizal Ramli
Rizal Ramli ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Mantan Menteri Perekonomian Rizal Ramli mengatakan DKI Jakarta semestinya menerapkan lockdown sedari awal karena menjadi titik penyebaran Covid-19 terbesar di Indonesia.

Hal itu disampaikan untuk menanggapi ketidaksanggupan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Barat dalam memberlakukan lockdown karena tak punya biaya.

Pria yang karib disapa RR ini menilai kesalahan penanganan pandemi Covid-19 terletak pada buruknya manajemen.


Tak Setuju Presiden 3 Periode, Denny Siregar Contohkan Sikap Nelson Mandela

“Jogja dan Jabar tidak mampu lockdown karena tidak punya uang ! Jakarta juga harusnya lockdown dari dari awal! Inilah mismanagement pandemi,” cuitnya di akun Twitter @RamliRizal, Selasa (22/6).

Rizal Ramli menyebut pemerintah lebih fokus menggarap proyek pembangunan ketimbang menanggulangi dampak akibat Covid-19.

“Bukannya fokus atasi pandemi, Jokowi & Menkeu Terbalik masih sibuk proyek-proyek, ibu kota baru lah, tol ini itu lah,” cetusnya.

Sebelumnya, Gubernur DIY Sri Sultan HB X menegaskan DIY tidak memungkinkan untuk memberlakukan lockdown karena pemerintah tidak memiliki anggaran yang cukup untuk membiayai ketika semua aktivitas dihentikan.

Oleh karena itu keputusan terakhir untuk mengurangi penyebaran Covid-19 hanya tetap dengan PPKM Mikro lebih diperketat.

Hal senada juga dilontarkan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ketika menanggapi soal lockdown. Disebutkan bahwa Jawa Barat sudah tidak punya anggaran.

Menurutnya, apabila lockdown atau PSBB diterapkan, pemerintah harus siap untuk kebutuhan pangan warga dan kebutuhan lainnya.

"Kami dari Jabar anggaran memang sudah tidak ada (anggaran). Jadi kalaupun itu diadakan, maka dukungan logistik dari pusat harus betul sudah siap baru kami akan terapkan di Jawa Barat," ujarnya.

Ungkap Masalah Utama Jokowi, Rizal Ramli: Kapasitas Sangat Minim untuk Tangani Krisis

Halaman: 
Penulis : Iskandar