logo


Sebut PSBB dan Lockdown Sama, Menkes: Bagaimana Kita Bisa Mengurangi Mobilitas

Terjadi lonjakan kasus Covid-19 di beberapa wilayah

22 Juni 2021 12:30 WIB

Budi Gunadi Sadikin
Budi Gunadi Sadikin Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Terjadi lonjakan kasus Covid-19 di beberapa wilayah. Hal tersebut membuat sejumlah pihak mengusulkan dilakukan lockdown.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyebut apa pun nama kebijakannya intinya adalah membatasi pergerakan.

"Sebenarnya nama PPKM mikro, nama PSBB, nama lockdown, esensinya bukan di namanya, esensinya adalah bagaimana kita bisa mengurangi mobilitas. Bagaimana kita mengurangi pergerakan, ada yang bilang lockdown, ada yang bilang PSBB, ada yang bilang PPKM Mikro," kata Budi, Selasa (22/6).


Pakar Minta Pemerintah Radikal Tangani Covid, DPR: Perlu Dikaji Dulu

Budi mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo memberikan arahan untuk membatasi pergerakan di zona merah.

"Nah sekarang yang sudah diperintahkan oleh Pak Presiden adalah kita membatasi pergerakan di daerah-daerah merah seperti Jakarta gitu ya, antara 75 persen sampai 100 persen total itu kita batasi, namanya apa ya memang kita menggunakan nama PPKM Mikro, tapi intinya kita menggunakan pembatasan pergerakan warga secara signifikan supaya memang laju penularannya kita bisa kendalikan," jelasnya.

Selain mengurangi pergerakan, Budi meminta testing, tracing, dan treatment ditingkatkan di daerah yang menjalankan PPKM Mikro.

"Jadi banyak yang menyampaikan, Pak, testing-nya kita sudah 1 per 1.000 per minggu itu adalah standar WHO kalau positivity rate-nya 5 persen. Kalau positivity rate-nya 15 persen, artinya penyebaran penyakit itu sudah lebih tinggi dari yang standar harus dinaikkan mungkin jadi 2 per 1.000 atau 5 per 1.000," ujar Budi.

"Kalau positivity rate-nya sudah 40 persen atau 50 persen seperti yang kita lihat di beberapa kabupaten/kota itu testing-nya mungkin harus dinaikkan sampai 100 per 1.000. Jadi selain membatasi pergerakan yang paling penting dan fundamental arahan Pak Presiden diimplementasi lapangan di PPKM mikro adalah testing dan tracing-nya harus benar-benar dilakukan dengan cukup dan juga dengan disiplin," sambungnya.

Minta Lockdown Akhir Pekan, PAN: PPKM Sudah Tamat Tapi Belum Hasilkan Perubahan

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata