logo


Pelajar Rusak Makam di TPU Cemoro Kembar, Gibran: Segera Kami Proses, Tidak Bisa Dibiarkan

Gibran juga berupaya melakukan pembinaan terhadap pelaku yang masih anak-anak.

22 Juni 2021 09:45 WIB

Gibran tinjau TPU Cemoro Kembar
Gibran tinjau TPU Cemoro Kembar Istimewa

SOLO, JITUNEWS.COM - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka merespons laporan perusakan 12 makam di TPU Cemoro Kembar yang diduga dilakukan oleh anak-anak di bawah umur pada Rabu (16/6) lalu.

Gibran mengaku bakal memproses dan menyerahkan kasus ini kepada pihak berwajib. Dia juga berupaya melakukan pembinaan terhadap pelaku yang masih anak-anak.

"Akan kita proses, tidak bisa kita biarkan. Termasuk anak-anaknya akan kita beri pembinaan. Nanti segera kami proses," ujar Gibran saat meninjau langsung TPU Cemoro Kembar, Senin (21/6).


Selvi Ananda Ajak Ibu-ibu PKK di Solo Akrab dengan e-Commerce

Sementara itu, Lurah Mojo, Margono mengatakan, pihak sekolah akan bertanggung jawab penuh atas perbuatan muridnya itu. Mereka berjanji bakal memperbaiki kerusakan makam dalam satu minggu.

"Dari RT, RW dan kelurahan sepakat dengan solusi dengan kekeluargaan. Namun saat ini sudah masuk dalam ranah kepolisian, di Posek. Kemarin pihak sekolah menyanggupi akan memperbaiki dalam waktu satu minggu" jelas Margono.

Sesuai amanah UU Perlindungan Anak, penyelesaian kasus ini dilakukan melalui pendekatan diversi. Yakni penyelesaian di luar pengadilan dengan mempertemukan antar pihak untuk mencapai kesepakatan bersama.

Disaksikan Ketua Lingkungan dan tokoh masyarakat, pihak pelaku sepakat untuk mengganti rugi atas kerusakan makam.

Selvi Ananda Canangkan Kelurahan Baluwarti Sebagai Kelurahan Ramah Lansia

Halaman: 
Penulis : Iskandar