logo


Pemerintah Dituding Abaikan Permintaan Dialog Papua, Mahfud: KKB Tidak Kooperatif

Menko Polhukam Mahfud Md mengatakan bahwa pemerintah telah melakukan dialog dengan semua unsur lembaga di Papua

22 Juni 2021 08:08 WIB

kompas.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Koordinator Keadilan, Perdamaian dan Keutuhan Ciptaan (KPKC) Sinode Gereja Kristen Injil (DKI) Tanah Papua, Dora Balubun mengatakan bahwa pihak gereja sudah berkali-kali mengirimkan surat ke pemerintah untuk menyelesaikan konflik Papua. Namun, kata dia, pemerintah tidak pernah membalas surat yang berisi permintaan dialog tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Menko Polhukam Mahfud Md mengatakan bahwa pemerintah telah melakukan dialog dengan semua unsur lembaga di Papua. Namun hanya kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang tidak kooperatif.

"Yang tidak koperatif hanya segelintir KKB. Penegakan hukum terhadap KKB harus dilakukan, sebab KKB merusak harmoni di tengah kedamaian masyarakat," tulis Mahfud dalum akun Twitter pribadinya, Senin (21/6/2021).


Dituding Danai Kelompok Teroris KKB Papua, Ketua DPRD Tolikara Beri Penjelasan Ini

Mahfud menegaskan bahwa Papua adalah bagian dari NKRI. Oleh karena itu, pemerintah berkomitmen membangun Papua yang damai.

"Pemerintah juga sudah berkali-kali berdialog dengan tokoh gereja, tokoh adat, DPRD, MRP. Pemerintah tetap menekankan pada dialog dengan prinsip dan batas NKRI yang mencakup Papua sudah final," ujarnya.

Soal Presiden 3 Periode, Mahfud: Saya Lebih Setuju Seperti Sekarang, Maksimal 2 Periode

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati