logo


Dituding Terima Rp3 M Terkait Suap Bansos, Hotma Sitompul: Cuma 10 Juta Sudah Dikembalikan

Hotma Sitompu sebut fee diberikan kepada sang anak karena merasa kasihan.

22 Juni 2021 05:30 WIB

Hotma Sitompul
Hotma Sitompul Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pengacara kondang Hotma Sitompul membantah tudingan yang menyebut dirinya menerima fee sebesar Rp3 miliar terkait kasus dugaan korupsi dana bantuan sosial (bansos) Covid-19 di Kementerian Sosial.

"Tidak pernah terima Rp3 miliar, saya hanya baca berita soal itu. Pertama kali saya mendengar saat diperiksa di KPK dan saya katakan tidak pernah menerima dan saya tahu tidak ada yang terima," kata Hotma Sitompul saat bersaksi melalui video conference untuk terdakwa mantan Menteri Sosial Juliari Batubara di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat, Senin (21/6/2021).

Hotma mengaku bahwa saat itu dihubungi oleh pihak Kemensos, namun ia menegaskan bahwa dirinya diminta untuk menangani kasus kekerasan anak. Dalam kasus yang ditanganinya, ia mengaku dikenalkan dengan Biro Umum Kemensos Adi Wahyono yang saat ini juga menjadi terdakwa dalam kasus suap oleh mantan Mensos Juliari Batubara.


Bupati Alor Marah ke Staf Kemensos, PKS: Bu Risma Niatnya Baik

"Adi Wahyono kenal, yang mengenalkan Pak Menteri, waktu itu saya di dalam penanganan perkara melihat jaksa dalam perkara itu tidak punya kemampuan untuk menangani kasus anak jadi prosesnya tidak seimbang," ujarnya.

"Kasihan anak kecil ini, lalu saya bertemu dengan Pak Menteri dan meminta agar Pak Menteri untuk menghubungi Jaksa Agung agar jaksa tidak banding. Pak Menteri lalu mengatakan kalau saya sulit untuk menghubungi beliau, bisa menghubungi Pak Adi Wahyono untuk mengingatkan beliau agar menghubungi Jaksa Agung," jelasnya.

Ia pun mengaku tidak mendapat fee dari penanganan kasus kekerasan anak. Ia menyebut fee diberikan kepada sang anak karena merasa kasihan.

"Honor saya Rp10 juta atau Rp11 juta dan anak buah saya Rp2 juta semua kami kembalikan kepada ibu yang memberikan itu untuk diberikan kepada anak NF karena kami prabono, kami prihatin dengan anak dibawah umur itu. Pengembalian dilakukan saat itu juga, Juli 2020," bebernya.

Diketahui, dalam surat dakwaan Juliari memerintahkan kepada Adi Wahyono untuk menyerahkan fee sebesar Rp 3 miliar ke Hotma Sitompul karena telah menangani kasus kekerasan anak. Uang Rp3 miliar itu disebut diambl dari fee bansos.

Juliari Perintahkan Potong Fee Bansos Covid-19 Rp11.000

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati