logo


Dicurigai Jadi James Bond, Pria Rusia Ditangkap oleh Otoritas Jerman

Pengadilan Jerman telah menangkap seorang warga Rusia yang dicurigai telah menjadi mata-mata Kremlin

21 Juni 2021 21:26 WIB

Ilustrasi Spionase
Ilustrasi Spionase istimewa

BERLIN, JITUNEWS.COM - Pengadilan Jerman pada Senin (21/6) mengatakan bahwa pihaknya telah menahan seorang warga negara Rusia karena dicurigai terlibat dalam aksi spionase.

Tersangka bekerja di departemen ilmu alam di sebuah universitas Jerman. Menurut pihak berwenang Jerman, antara Oktober 2020 dan Juni 2021, ia telah menggelar setidaknya tiga pertemuan dengan perwakilan dinas khusus Rusia dan menjual sejumlah informasi rahasia yang ia peroleh dari tempat kerjanya.

"Jumat lalu (18 Juni), penuntut federal mengizinkan penahanan warga negara Rusia Ilnur N. berdasarkan perintah hakim investigasi. Penggeledahan dilakukan di tempat kerja dan tempat tinggal tahanan. Dia diduga bekerja untuk pasukan khusus Rusia sejak awal Oktober 2020 lalu," demikian pernyataan kata Kantor Jaksa Agung Jerman dalam siaran persnya, dikutip Sputniknews.


Presiden Baru Iran: Kebijakan Luar Negeri Kami Tidak Akan Terbatas pada Kesepakatan Nuklir

Sementara itu, pihak pengadilan Jerman pada Sabtu akhir pekan lalu telah meminta pihak kepolisian untuk menahan pria tersebut sambil menunggu persidangan.

Pemerintah Jerman sendiri sebelumnya juga sudah menuduh Rusia telah beberapa kali melakukan serangan peretasan terhadap Bundestag. Berlin juga mengklaim ada "jejak Rusia" dalam serangan siber di parlemen Jerman pada tahun 2015. Namun, pihak berwenang Jerman gagal memberikan bukti untuk mendukung klaim tersebut, sehingga pemerintah Rusia menyebut klaim tersebut sebagai tuduhan konyol dan "tidak berdasar".

Negara Barat Lebih Fokus Isu Pelanggaran HAM di Xinjiang daripada Kashmir, Pakistan: Munafik

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia