logo


Utusan AS untuk Korut Berharap Kim Jong-un Bersedia Dialog dengan Washington soal Denuklirisasi

Utusan AS untuk Korea Utara, Sung Kim, berharap ajakan dialog yang ditawarkan oleh AS kepada Korea Utara terkait denuklirisasi mendapatkan respon positif

21 Juni 2021 19:33 WIB

Pyongyang, Korea Utara
Pyongyang, Korea Utara BFI

SEOUL, JITUNEWS.COM - Utusan Amerika Serikat untuk Korea Utara, pada Senin, mengatakan bahwa dia berharap dapat segera menerima "tanggapan positif"dari Korea Utara terkait dengan rencana dialog.

Perwakilan khusus AS untuk Korea Utara Sung Kim saat ini tengah berkunjung ke Seoul, Korea Selatan, selama lima hari, di tengah pembicaraan denuklirisasi dengan Pyongyang menemui jalan buntu, tanpa ada kabar terkait upaya yang direncanakan oleh pemerintah AS untuk melakukan kontak dengan Korea Utara.

"Kami terus berharap DPRK (Korea Utara) akan merespon positif untuk upaya kontak dan tawaran kami untuk bertemu di mana saja, kapan saja tanpa prasyarat," kata Kim, kepada para wartawan, dikutip Reuters.


Kembali Bertugas di Washington, Duta Besar Rusia Optimis

Kim tiba pada hari Sabtu akhir pekan lalu atau sehari setelah media pemerintah Korea Utara melaporkan bahwa pemimpin Kim Jong Un meminta pemerintahannya untuk bersiap menghadapi potensi dialog ataupun konfrontasi dengan Amerika Serikat.

"Kami akan bersiap untuk keduanya, karena Anda tahu, kami masih menunggu kabar dari Pyongyang untuk sebuah pertemuan," kata Sung Kim.

"Semoga dialog menunjukkan bahwa kami akan segera mendapatkan respons positif," lanjutnya.

Kim mengatakan bahwa Amerika Serikat akan terus menegakkan resolusi Dewan Keamanan PBB yang telah menjatuhkan sanksi terhadap Korea Utara atas program pengembangan senjata nuklirnya dan mendesak negara-negara lain untuk melakukan hal yang sama.

Hadiri Konferensi Keamanan Internasional, Pimpinan Junta Militer Myanmar Terbang ke Moskow

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia