logo


Hadiri Konferensi Keamanan Internasional, Pimpinan Junta Militer Myanmar Terbang ke Moskow

Jenderal Min Aung Hlaing dikabarkan telah bertolak ke Moskow, Rusia, untuk menghadiri Konferensi Keamanan Internasional

21 Juni 2021 18:30 WIB

Pemimpin Militer Myanmar Jenderal Min Aung Hlaing
Pemimpin Militer Myanmar Jenderal Min Aung Hlaing RT.com

YANGON, JITUNEWS.COM - Pemimpin junta militer Myanmar Jenderal Min Aung Hlaing, pada Minggu (20/6) dikabarkan telah berangkat untuk menghadiri sebuah konferensi di Moskow, RUsia, dimana ini merupakan perjalanan keluar negeri-nya yang kedua usai mengambil alih pemerintahan Myanmar pada Februari lalu.

Media milik junta militer Myanmar, MRTV, melaporkan bahwa Min Aung Hlaing akan menghadiri Konferensi Keamanan Internasional yang akan digelar di Moskow pada tanggal 22 hingga 24 Juni pekan ini. Sejak mengambil alih pemerintahan Myanmar melalui aksi kudeta, tercatat ia baru sekali melakukan perjalanan ke luar negeri, yakni saat menghadiri KTT Asean yang digelar di Jakarta pada April lalu.

Seperti diketahui, junta militer telah mengambil alih pemerintahan Myanmar yang dipimpin oleh Aung San Suu Kyi melalui kudeta pada awal Februari lalu, usai menuding partai milik Aung San Suu Kyi telah melakukan kecurangan pada penghitungan suara pemilu Myanmar di bulan November 2020.


Pemerintahan Bolsonaro Tak Niat Beli Vaksin Covid-19, Warga Brazil: Genosida

Selain melakukan penculikan dan penahanan terhadap para politikus, junta militer juga melakukan tindak kekerasan terhadap warga sipil yang menentang pengambil-alihan pemerintahan Myanmar tersebut.

Pada Jumat lalu, Majelis Umum PBB telah mengancam akan menjatuhkan sanksi berupa embargo senjata jika junta militer tidak segera menyerahkan pemerintahan dan membebaskan para tahanan politik.

Kembali Bertugas di Washington, Duta Besar Rusia Optimis

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia