logo


Angka Kematian Covid-19 di Brazil Tembus 500 Ribu, Pakar Kesehatan Ketar-ketir

Per Sabtu akhir pekan lalu, Brazil sudah memiliki lebih dari 17 juta kasus infeksi Covid-19 dengan 500.800 kematian.

21 Juni 2021 16:54 WIB

Area Makam Freuormosa di Brazil
Area Makam Freuormosa di Brazil reuters

RIO DE JANEIRO, JITUNEWS.COM - Jumlah kasus kematian akibat infeksi virus Corona di Brazil kini sudah menembus 500 ribu kasus dan para pakar kesehatan memprediksi jika situasi wabah Covid-19 di negara Amerika Selatan tersebut akan semakin memburuk karena lambatnya program vaksinasi dan sikap pemerintah yang menolak untuk mengeluarkan kebijakan pembatasan sosial.

Menurut laporan sejumlah media, hanya sebelas persen dari total penduduk di Brazil yang sudah menerima dua dosis suntikan vaksin Covid-19. Hal tersebut tentu saja membuat para pakar kesehatan di Brazil menjadi khawatir, mengingat sejumlah varian mutasi virus tersebut sudah menyebar di negara itu.

"Saya pikir kita akan mencapai 700 ribu atau 800 ribu kasus kematian sebelum kita bisa melihat efek dari program vaksinasi," kata Gonzalo Vecina, mantan kepala otoritas kesehatan Brazil Anvisa, dikutip Reuters.


Sudah Punya Empat Vaksin Covid-19, Putin Bilang Rusia Masih Akan Bikin Vaksin Baru

Ia memprediksi jika kasus infeksi Covid-19 di Brazil akan terus meningkat seiring dengan menyebarnya beberapa varian baru Covid-19, termasuk varian yang muncul di India.

"Kami memprediksi masuknya varian-varian baru dan varian dari India akan membuat (jumlah kasus infeksi) kita semakin meningkat," tambahnya.

Menurut data Kementerian Kesehatan Brazil per Sabtu akhir pekan lalu, angka kematian akibat infeksi Covid-19 di negara tersebut sudah mencapai 500.800 kasus dari 17.883.750 kasus infeksi secara keseluruhan.

China Harus Kerja Sama dalam Penyelidikan Covid-19 atau Terancam Dikucilkan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia