logo


Komentari Wacana Presiden 3 Periode, Ruhut Sitompul: Itu Maunya Rakyat

Suara rakyat suara Tuhan.

20 Juni 2021 04:30 WIB

Ruhut Sitompul.
Ruhut Sitompul. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Politisi PDIP Ruhut Sitompul angkat bicara soal wacana masa jabatan presiden tiga periode yang kembali mencuat. Dia menilai pihak yang tak menyukai Presiden Joko Widodo mulai ketar-ketir dengan adanya isu tersebut.

Ruhut mengatakan, Jokowi akan tetap menjadi presiden hingga masa jabatan berakhir. Hal itu menyusul prediksi yang menyebut Jokowi bakal lengser sebelum waktunya.

“Ketakutan nie ye adanya wacana Bapak Joko Widodo 3 periode Presiden RI yang ketakutan sebelumnya mengatakan Jokowi akan turun di tengah jalan sebelum 2024, terlihat mereka dikejar bayang-bayangnya sendiri,” cuitnya di akun Twitter @ruhutsitompul, dikutip Minggu (20/6).


Yakin Jokowi-Prabowo Akan Lawan Kotak Kosong di 2024, Jokpro: Insyaallah RI Damai dan Lancar

Mantan kader Partai Demokrat kembali menyinggung isu tiga periode Jokowi. Menurutnya, hal itu bisa saja terjadi jika rakyat menginginkannya.

“Mengenai 3 periode, itu maunya rakyat. Ingat “Suara Rakyat Suara Tuhan”,” tandasnya.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi telah dua kali menolak wacana jabatan presiden selama tiga periode. Hal ini disampaikan oleh juru bicara Jokowi, Fadjroel Rachman.

Penolakan pertama disampaikan pada 2 Februari 2019. Saat itu, Jokowi menyinggung pihak yang memiliki motif tertentu lewat isu tiga periode presiden.

"Satu, ingin menampar muka saya, yang kedua ingin cari muka, padahal saya sudah punya muka, yang ketiga ingin menjerumuskan. Itu saja," ujar Fadjroel mengutip pernyataan Jokowi.

Lalu, penolakan kedua disampaikan pada 15 Maret 2021. Kala itu, Jokowi mengaku tak berniat untuk menjadi Presiden RI untuk tiga periode.

"Konstitusi mengamanahkan dua periode, itu yang harus kita jaga bersama. Janganlah membuat gaduh baru, kita sekarang fokus pada penanganan pandemi," ungkap Fadjroel kembali mengutip pernyataan Jokowi.

Presiden RI Lulusan Tentara hingga Pesantren, Iwan Fals: yang Belum Apa ya?

Halaman: 
Penulis : Iskandar