logo


Sultan Minta Yogya Lockdown, Satgas: Laksanakan Saja PPKM Mikro dengan Konsisten!

Prof Wiku menegaskan bahwa PPKM mikro adalah bagian dari karantina kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19

19 Juni 2021 14:55 WIB

Wiku Adisasmito
Wiku Adisasmito Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwana X berbicara tentang kemungkinan wilayahnya menerapkan lockdown untuk menekan lonjakan kasus Covid-19. Ia menyebut kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro di Yogya tidak berjalan efektif.

Sementara itu, juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wku Adisasmito meminta sejumlah pihak tetap menerapkan kebijakan PPKM mikro, namun dengan catatan harus disiplin dan konsisten.

"Laksanakan saja kebijakan PPKM mikro yang ada dengan disiplin dan konsisten. Fungsikan posko Covid di tingkat kelurahan dan desa," kata Prof Wiku, Sabtu (19/6/2021).


Meski Berbahaya, Joe Bien Optimis Varian Covid-19 Delta Tak Bisa Bikin AS Lockdown Lagi

Prof Wiku menegaskan bahwa PPKM mikro adalah bagian dari karantina kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. Ia mengatakan bahwa kebijakan PPKM kabupaten/kota sudah mencerminkan konsep PSBB. Begitu juga dengan karantina rumah dan wilayah sudah mencerminkan konsep PPKM mikro.

"Pada prinsipnya, kebijakan yang sudah diterapkan saat ini, yaitu PPKM kab/kota telah mencerminkan konsep PSBB, sedangkan karantina rumah dan wilayah sudah tercermin dalam konsep PPKM  mikro. Sedangkan karantina rumah sakit sudah diterapkan sebagai standar tata kelola penyakit Covid-19," jelasnya.

Terbit Petisi Minta Jokowi Lockdown Indonesia, Denny Siregar: Jangan Selesaikan Satu Masalah dengan Masalah Lain

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati