logo


AS Pertimbangkan Pertemuan Joe Biden-Xi Jinping

Hubungan AS-China belakangan ini semakin memburuk usai kedua negara terlibat perselisihan di sejumlah isu, termasuk isu HAM Xinjiang dan Hong Kong, serta kemerdekaan Taiwan.

19 Juni 2021 12:30 WIB

Presiden AS Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping
Presiden AS Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping istimewa

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Gedung Putih akan mempertimbangkan untuk mengatur pembicaraan antara Presiden Joe Biden dan Presiden China, Xi Jinping, di tengah kedua negara tengah terlibat perselisihan di berbagai isu, termasuk hak asasi manusia.

Sebelumnya, pemerintah China mengecam tindakan negara-negara G7 yang membahas mengenai isu Xinjiang dan Hong Kong. Beijing menilai tindakan AS dan negara anggota G7 tersebut merupakan bentuk intervensi urusan dalam negeri China.

"Sebentar lagi kami akan duduk untuk mencari cara yang tepat bagi kedua presiden untuk terlibat," kata Sullivan dikutip Reuters.


Antonio Guterres Kembali Terpilih sebagai Sekjen PBB

"Bisa berupa panggilan telepon, bisa jadi pertemuan di sela-sela KTT internasional lainnya, bisa juga hal lain," tambahnya.

Biden dan Xi keduanya diperkirakan akan menghadiri pertemuan G20 pada Oktober mendatang yang akan digelar di Italia.

Sebelumnya, saat ditanya apakah dia akan meminta Presiden China Xi Jinping untuk mendorong penyelidikan asal-usul COVID-19, Presiden Joe Biden pada hari Rabu mengatakan kepada wartawan: "Kami saling mengenal dengan baik; kami bukan teman lama. Ini hanya urusan bisnis."

Turki Ingin Jaga Keamanan Bandara Kabul, Rusia: Ini Pelanggaran

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia