logo


Turki Ingin Bangun Pangkalan Militer di Azerbaijan, Rusia: Jelas Menjadi Perhatian Khusus Kami

Juru bicara pemerintah Rusia mengatakan bahwa pihaknya akan terus memantau peningkatan kerja sama Turki-Azerbaijan, khususnya di bidang militer.

18 Juni 2021 19:27 WIB

Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev (kanan) dan  Presiden Turki Erdogan
Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev (kanan) dan Presiden Turki Erdogan istimewa

MOSKOW, JITUNEWS.COM - Juru bicara pemerintah Rusia, Dmitry Peskov mengatakan bahwa Moskow akan terus mengawasi potensi dibangunnya basis militer Turki di Azerbaijan. Ia juga mengatakan bahwa pemerintah Rusia sudah menjalin kontak dengan Turki terkait upaya-upaya menstabilkan wilayah Nagorno-Karabakh yang pada akhir tahun 2020 lalu menjadi medan perang bagi tentara Azerbaijan dan Armenia.

"Perkembangan infrastruktur yang dilakukan oleh negara aliansi NATO (Turki) yang berada di dekat perbatasan kami jelas menjadi perhatian khusus kami, dimana hal tersebut menjadi alasan kami untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memastikan keamanan dan kepentingan kami," kata Peskov, dikutip Reuters.

Sebelumnya, Turki dan Azerbaijan telah sepakat untuk meningkatkan kerja sama bilateral mereka di sejumlah sektor seperti politik, militer, perdagangan dan energi.


Washington Ijinkan Turki Jaga Keamanan Bandara Kabul saat Pasukan AS dan NATO Keluar dari Afghanistan

"Tapi yang palig penting adalah kesepakatan kerjasama antara Azerbaijan dan Turki dalam sektor industri pertahanan," kata Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev pada Selasa (15/6).

Sementara itu, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa kerja sama di bidang pertahanan tersebut juga akan mencakup pembangunan pangkalan militer Turki di Azerbaijan.

Untuk diketahui, pasukan penjaga perdamaian Rusia hingga saat ini masih berada di wilayah Nagorno-Karabakh, dan Moskow juga memiliki satu pangkalan militer di dalam wilayah Armenia.

Gaza Kembali Dibombardir Rudal Israel, Begini Respons Hamas

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia