logo


Perancis Cabut Kewajiban Penggunaan Masker, Warga Paris: Sebuah Kemerdekaan

Pemerintah Perancis pada Rabu kemarin telah mengumumkan akan melonggarkan aturan pemakaian masker, menyusul penurunan kasus infeksi Covid-19.

17 Juni 2021 21:50 WIB

Perancis mengeluarkan aturan kewajiban penggunaan masker di seluruh bagian kota Paris mulai Jumat (28/8)
Perancis mengeluarkan aturan kewajiban penggunaan masker di seluruh bagian kota Paris mulai Jumat (28/8) ABC News

PARIS, JITUNEWS.COM - Warga Paris, Perancis, pada Kamis (17/6) menyambut baik adanya pengumuman dari pemerintah yang tidak lagi mewajibkan penggunaan masker saat berada di luar ruangan.

Meski demikian, sejumlah aturan pencegahan masih tetap diberlakukan hingga beberapa waktu ke depan.

"Ini adalah sebuah kemerdekaan kecil," kata Benjamin Grolleau, seorang warga Paris yang bekerja sebagai marketing kepada Reuters.


Vladimir Putin Sebut Rusia dan AS Bertanggung Jawab atas Stabilitas Global

Sehari sebelumnya, Perdana Menteri Perancis Jean Castex mengumumkan bahwa kewajiban penggunaan masker di luar ruangan akan dicabut usai berkonsultasi dengan sejumlah pakar kesehatan menyusul menurunnya jumlah kasus infeksi Covid-19.

Meski demikian, warga masih dihimbau untuk memakai masker saat berada di sejumlah tempat umum seperti kantor, pertokoan, atau transportasi umum dimana terdapat banyak orang yang berkerumun.

Sejumlah warga Paris juga mengaku bahwa mereka masih tetap akan menerapkan kebijakan pencegahan meski sudah menerima suntikan pertama vaksin Covid-19, salah satunya Chandni Biswasl, seorang mahasiswa asal India. Ia berencana tetap menggunakan masker saat berada di tempat umum, baik di dalam maupun di luar ruangan.

"Saya masih akan tetap menggunakannya untuk perlindungan saya," ujarnya.

"Saya meyakini jika virus (Covid-19) masih berada di sekitar dan tidak akan menghilang," tukasnya.

Donald Trump Sebut Pertemuan Biden-Putin Hanya Untungkan Rusia

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia