logo


Minta Ahok Tak Cuma Bahas Kartu Kredit, Eko Patrio: Atasi Saja Kebakaran Kilang yang Terus Berulang

Eko mengingatkan masih banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan oleh Pertamina

16 Juni 2021 20:37 WIB

Ketua DPW PAN DKI Jakarta Eko Patrio.
Ketua DPW PAN DKI Jakarta Eko Patrio. Jitunews/Rezaldy

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi PAN, Eko Hendro Purnomo atau Eko Purnomo menyentil Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Tbk Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang berencana menghapus fasilitas kartu kredit untuk komisaris hingga manajer Pertamina. Alih-alih membahas terkait kartu kredit, ia menyarankan agar Ahok fokus membenahi persoalan lain yang ada di Pertamina.

"Tetapi tentu menurut saya tantangan yang lebih penting adalah mendorong efisiensi yang fundamental di tubuh Pertamina. Komisaris semestinya jangan hanya menyerempet soal kartu kredit yang jumlahnya belum tentu signifikan bagi operasional perusahaan," kata Eko kepada wartawan, Rabu (16/6/2021).

"Tapi coba tunjukkan dan buktikan langkah efisiensi apa saja yang berhasil dicapai, terutama setelah pembentukan sub-holding di Pertamina. Coba tunjukan berapa persen efisiensi yang berhasil diraih dan dampaknya terhadap profitabilitas perusahan," sambungnya.


Ahok Dapat Limit Kartu Kredit Rp30 M, Komut Telkom: Tampaknya Tidak Masuk Akal

Eko mengingatkna masih banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan oleh Pertamina. Ia lantas mencotohkan kasus kebakaran kilang minyak yang terus berulang agar dicarikan solusi yang tepat.

"Saya rasa pekerjaan rumah Pertaminna lain juga banyak dan perlu perhatian seius bagi Komisaris agar dapat teratasi dengan cepat. Contoh kebakaran kilang Pertamina yang terus berulang juga berpotensi menambahkan biaya yang besar untuk melakukan revitalisasi. Belum dampaknya yang membuat investor enggan untuk berinvestasi kilang. Sudah marginnya kecil, malah berpotensi kebakaran," bebernya.

Tak Dapat Fasilitas Kartu Kredit Seperti Ahok, Komisaris PLN: Mungkin Kebijakan Masing-masing BUMN

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati