logo


Dua Puluh Delapan Unit Pesawat Tempur China Tanpa Ijin Masuki Wilayah Udara Taiwan

Kementerian Pertahanan Taiwan melaporkan bahwa jumlah tersebut merupakan yang terbesar yang pernah tercatat memasuki wilayah Taiwan tanpa ijin.

15 Juni 2021 18:30 WIB

Ilustrasi Pesawat tempur China
Ilustrasi Pesawat tempur China istimewa

TAIPEI, JITUNEWS.COM - Pemerintah Taiwan melaporkan bahwa sedikitnya dua puluh delapan unit pesawat militer China, termasuk pesawat tempur dan pesawat pembom dengan kekuatan nuklir, telah memasuki wilayah udara Taiwan (ADIZ), pada Selasa (15/6). Jumlah tersebut merupakan yang terbesar yang pernah tercatat memasuki wilayah Taiwan tanpa ijin.

Taiwan yang selama ini diklaim masih menjadi bagian dari wilayah China, beberapa bulan terakhir berulang kali melayangkan protes terkait aktivitas angkatan udara China di dekat wilayahnya, khususnya di dekat Kepulauan Pratas yang terletak di Selat Taiwan.

Dilansir dari Reuters, Kementerian Pertahanan Taiwan melaporkan bahwa dua puluh delapan unit pesawat milik China yang masuk ke wilayahnya tanpa ijin tersebut terdiri dari 14 pesawat tempur J-16 dan enam J-11, serta empat pembom H-6, yang diketahui dapat membawa senjata nuklir, dan pesawat anti-kapal selam, dan sejumlah pesawat tempur jenis lainnya.


Bertemu Joe Biden, Erdogan Bilang Keputusan Turki terkait Pembelian Alutsista Buatan Rusia Tidak Bisa Diubah

Kementerian Pertahanan Taiwan menambahkan bahwa pesawat tempur Taiwan telah dikirim untuk mencegat dan memperingatkan pesawat China agar segera menjauh dari wilayah udara Taiwan, sementara sistem rudal juga dikerahkan untuk melakukan pemantauan.

Mantan Menlu AS Sebut Rezim Donald Trump Punya Banyak Bukti terkait Asal Usul Covid-19

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia